Mengatasi Viewbase error: Inventor Server failed to load

Bagi para pengguna cad yang sering membuat objek 3d tentu tidak asing lagi dengan perintah Viewbase. Betul, setelah pihak Autodesk merilis Autocad versi 2012 untuk mengkonversi objek 3d di model ke layout  kini tidak perlu lagi menggunakan perintah FLATSHOT ataupun SOLPROF karena penggunaan perintah antara keduanya sudah dihandle melalui perintah baru viewbase dengan penggunaan serta fungsi yang sama namun memiliki hasil yang akurat terbukti dengan ditambahkannya dimensi di objek hasil dari viewbase tadi mampu menghitung secara presisi.

Ditambah lagi dengan settingan otomatis dari objek modeling yang dimodifikasi langsung terbaca oleh objek viewbase di layout dengan adanya sebuah notifikasi untuk menggunakan perintah update view.
Bagi versi yang lebih baru (2015/2016) tanpa notifikasi apapun update view langsung sudah dilakukan namun hal ini bisa saja dinonaktifkan oleh user.
Semua perintah atau tool tidak selamanya berjalan secara sempurna, penggunaan Viewbase bisa saja tidak bisa dipergunakan di versi cad atau OS tertentu, ini sering kita lihat apabila Autocad berjalan di OS windows 8.0 atau diatasnya. Nah, bagi pengguna Autocad bisa menempuh solusi berikut ini :

Silakan mengunjungi link di bawah ini :

– Untuk versi Autocad 2013 :

http://knowledge.autodesk.com/support/autocad/downloads/caas/downloads/content/autocad-2013-model-documentation-hotfix-for-windows-C2-AE-81.html

– Untuk versi Autocad 2014 atau di atasnya :

http://knowledge.autodesk.com/support/autocad/downloads/caas/downloads/content/model-documentation-hotfix-for-64-bit-windows-81.html

Mengatasi Viewbase error Inventor Server failed to load

Anda akan menemukan 2 buah file yang bisa Anda download, silakan untuk mendownload file-file tersebut.
Lanjutkan instruksi seperti berikut ini:
1. Matikan program Autocad anda
2. Extract file yang berekstensikan zip atau RAR
3. Anda akan mendapatkan file rse.dll, copy File rse.dll
4. Buka Windows Explorer, silakan buka folder-folder dengan path berikut :
C:\Program Files\Autodesk\AutoCAD 2014\Inventor Server\bin
5. Paste file rse.dll di folder terakhir yaitu folder bin, apabila ada konfirmasi penimpahan file silakan untuk mengeksekusinya dengan meng-overwrite (timpa)
6. Selesai
7. Silakan jalankan Autocad dan perintah Viewbase bisa dilakukan.

Selamat berakhir pekan !!!