Revit bukan software BIM!

Apakah anda pernah mendengar istilah BIM? Banyak sekali defenisi yang dibuat orang tentang BIM. Padahal sebetulnya kepanjangannya sederhana saja: Building Information Modeling.

Kita tahu apa itu building, dan kita tahu apa itu modeling. Yang menjadikannya misterius adalah kata-kata information. Apa itu ‘I’ di BIM?

Green apartment mockup on blueprints

Sudahkah anda membaca artikel dari Brian Benton ini? 6 CAD tips you weren’t taught in school. Bacalah point no. 1.

Pada saat anda mendesain, anda sebetulnya membuat informasi mengenai desain anda. Bagaimana desain anda dapat dibangun, berapa lama, berapa biayanya, dan berbagai macam informasi lainnya. Salah satu bentuk informasi tersebut adalah gambar. Itu adalah ‘I’ di BIM.

Anda sudah mengimplementasikan BIM!

Anda mungkin sudah mengimplementasikan BIM bahkan jika anda masih menggunakan meja gambar dan komputer jadul.

  1. Anda membuat gambar desain untuk menunjukkan bentuk dan detail desain anda. Jadi ya, AutoCAD termasuk software untuk mengimplementasikan BIM.
  2. Anda membuat 3D visual dan rendering untuk menunjukkan desain anda secara visual. Ya, 3ds Max bisa disebut software untuk mengimplementasikan BIM.
  3. Anda membuat RAB, BQ, dokumen spesifikasi dengan Excel dan Word. Ya, Microsoft Office juga software untuk mengimplementasikan BIM.
  4. Jika anda juga menyusun jadwal proyek dengan Microsoft Project atau Primavera, itu juga bisa disebut sebagai software untuk mengimplementasikan BIM.
  5. Anda bisa teruskan sendiri membuat daftar software yang anda gunakan untuk membuat dokumen proyek. Entah gambar atau dokumen lain. Semua adalah software untuk mengimplementasikan BIM.

Jadi tentu saja, Revit juga termasuk software untuk mengimplementasikan BIM. Tapi bukan software BIM. Bukan satu-satunya dan bukan solusi untuk semua informasi yang harus dibuat.

BIM adalah konsep, bukan software

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa BIM bukanlah jenis software. Bukan ras baru dan menyaingi software CAD, CAM, CAE, Word Processor, Spreadsheet, dll. Tapi BIM adalah konsep dalam membuat dan mengumpulkan informasi untuk diberikan kepada kontraktor dan owner agar bangunan anda dapat dibangun.

Tidak ada satu software yang dapat digunakan untuk memberikan semua informasi tersebut. Anda akan perlu software lain untuk membuat informasi yang lengkap.

Beberapa software seperti Revit, disebut-sebut sebagai software BIM. Hal ini cukup beralasan karena di sana anda dapat mendapatkan banyak informasi mengenai model desain. Seperti 3D view, plan, elevation, schedule, section dan sebagainya.

Tapi tentu informasi tersebut tidak cukup untuk disebut BIM. Karena itulah Autodesk sekarang membuat bundle Building Design Suite. Di dalamnya ada beberapa software lain untuk melengkapi kekurangan Revit.

Sebagai arsitek dan desainer lainnya, anda sudah menggunakan BIM bahkan sebelum kata-kata itu didefenisikan. Sekarang tantangan anda untuk dapat terus bertahan di industri ini adalah dapat bekerja lebih efisien dengan peralatan yang lebih sesuai. Itulah sebetulnya yang ditawarkan oleh Revit dan software pendatang baru lainnya.

Tapi tentu saja, keputusan tersebut ada di anda sendiri. Dan setiap perusahaan memiliki pertimbangan yang berbeda-beda.

  • anggreyan agustin sinaga

    Mas..mau tanya..
    Revit itu kan ada yg arsitek..struktur..dan mep..
    Apa itu softwarenya beda2?
    Atau misalnya kita udah instal salah satu yg lainnya udah termasuk di dalamnya ?

  • Wahyu Widarto

    Maaf Mas, ketika saya buka kok di project browser tidak ada Elevation Buildingnya ya? Terima kasih.