Memberi material rendering pada objek

Saya banyak menerima komentar bahwa tidak bisa memberikan material pada objek yang akan di render pada kompetisi rendering kami. Karena itu, saya akan sedikit memberikan bocoran teknik bagaimana memberikan material di AutoCAD bisa dilakukan.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, berikut diantaranya.

Menggunakan layer properties

Jika anda membuat model dengan layer, anda dapat memberikan material ke layer. Artinya semua objek yang ada dilayer itu akan menggunakan material ini. Untuk melakukannya, anda dapat menggunakan command: MATERIALATTACH.

material_attach

Di dialog yang terbuka, anda dapat mendrag and drop material ke layer yang diinginkan. Jika anda tidak dapat melihat material di daftar ini, itu artinya anda belum memasukkan material ke dokumen.

link_material_ke_layer

Assign ke objek

Ini merupakan cara yang cukup umum bagi pengguna AutoCAD. Anda dapat memilih objek, lalu mengklik material yang ada di daftar material. Atau memilih objek, lalu klik kanan di material library. Pilih assign to selection.

assign_to_selection

Assign ke sub-objek

Satu teknik lagi, adalah memberikan material ke sub-objek. Setiap objek terdiri dari beberapa objek pembentuk. Misalnya sebuah kubus dibentuk dari face, edge, dan point. Anda bisa memberikan material ke sub-objek tersebut. Tentunya untuk kasus ini, paling kecil adalah face.

Untuk memilih sub-objek, anda dapat menahan CTRL, lalu memilih objek yang diinginkan.

Atau untuk lebih mudahnya, anda dapat mengaktifkan selection filter. Jika anda mengaktifkan selection filter ke face, maka setiap anda memilih objek, hanya face yang terpilih.

face_filter

Untuk jelasnya bisa melihat video berikut:

Cukup mudah bukan? Silahkan anda coba lagi pada model yang dilombakan! Semoga anda menjadi pemenangnya!