Autodesk desktop companion: Upload dan sync data CAD

Anda menggunakan Dropbox? Dropbox sangat populer untuk sinkronisasi file antar komputer. Jika anda menginstall Dropbox di satu komputer, lalu menyimpan file di folder dropbox, maka file tersebut akan diupload otomatis ke layanan mereka. Jika anda mengintall dan login di komputer lain yang juga terinstall Dropbox, maka file-file tadi akan di download ke komputer itu juga. Artinya anda bisa mengakses file-file penting di mana saja. Saya hampir tidak pernah menggunakan USB drive sejak menggunakan Dropbox. Bagi yang ingin mencoba Dropbox dapat mencoba di sini.

Jika anda menginstall AutoCAD, Inventor, atau Showcase 2014 maka anda juga akan mendapatkan Autodesk 360 Desktop Companion. Cara kerjanya mirip dengan Dropbox. Anda akan melihat folder Autodesk 360 di Windows Explorer.

 

Autodesk_360_desktop_companion

Di Windows notification area, anda juga akan melihat icon Autodesk 360. Anda bisa mengklik kanan dan sign in dari sana. Jika anda sudah familiar dengan Autodesk 360 sebelumnya, anda tentu tahu sebelumnya anda bisa login dari dalam aplikasi AutoCAD atau produk Autodesk lainnya.

sign_in_to_Autodesk_360

Yang paling menarik dari Autodesk 360 Desktop companion adalah anda dapat mengkopi file DWG ke folder itu, dan ia akan mencari file-file terkait. Jika anda punya XREF yang digunakan file tersebut, plot styles, fonts, dsb.

Berikut adalah dialog pop up yang meminta konfirmasi anda setelah mengkopi file ke folder Autodesk 360.

linked_files_report

Hal ini akan memudahkan anda mengkopi file dari satu komputer dan share file itu ke rekan kerja atau untuk anda kerjakan secara mobile. Dari iPad atau tablet, bahkan dari browser saja.