Jawaban Tantangan TC Nov 2012

Solving a problem

Minggu lalu, kita mengadakan sedikit test untuk para pengguna AutoCAD. Meski tidak ada hadiahnya, cukup menyenangkan melihat banyak yang ikutan menjawab.

Semua jawaban benar. Namun yang kita cari adalah cara paling praktis untuk mencari jawabannya. Dalam menggunakan AutoCAD, ada banyak cara

Soal pertama: mencari block di koordinat tertentu

Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Jawaban terbanyak adalah membuat garis bantu. Cara ini jelas tidak efektif, karena perlu command line, zoom (beberapa kali) dan erase line yang dibuat sebelumnya.

Cara-cara lain untuk lebih cepat melakukannya adalah:

  1. Cara yang cukup efektif dijawab oleh teman-teman TentangCAD adalah menggunakan QSELECT. Anda bisa mencari block yang ada dikoordinat tertentu!
  2. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menggunakan –PAN. Perhatikan ada tanda minus di depannya. Anda bisa memberikan koordinat dengan metode ini. Untuk base point, ketikkan X dan Y yang diminta. Untuk second point, klik di mana saja di layar. Anda bisa langsung melihat koordinat itu di lokasi yang anda klik.
  3. Cara lainnya adalah menggunakan zoom. Banyak yang lupa bahwa zoom memiliki pilihan ‘center’. Jadi anda bisa mengaktifkan zoom, pilih center. Saat diminta rasio pembesaran ketik saja 1.

Soal kedua: Mencari block dengan nama yang sama

Setelah menemukan ‘mistery block’ di soal pertama, anda diminta mencari block dengan nama yang sama. QSELECT kembali menjadi pilihan favorit.

Namun jika anda menggunakan AutoCAD yang lebih baru (2011 atau setelahnya) anda punya pilihan lain: Select Similar. Anda cukup memilih block pertama, klik kanan lalu pilih select similar.

Anda cukup mengetikkan LI untuk melihat list properti dari objek. Hanya dua tools.

Namun anda juga dapat menggunakan properties palette (ctrl + 1).

Setelah anda mengaktifkan select similar, anda akan melihat nilainya *varies* karena masih ada dua block terpilih. Agar hanya block kedua yang terpilih, tahan shift dan klik kembali block pertama. Ini adalah teknik untuk deselect object.

Sekarang anda sudah dapat melihat koordinate block kedua!

Teknik mana yang menjadi favorit anda?

Sekarang anda tahu bahwa untuk menyelesaikan tantangan tersebut ada banyak cara.

Untuk soal pertama bisa membuat objek temporary, –pan, atau QSELECT.

Untuk soal kedua bisa menggunakan FILTER, QSELECT, dan Select Similar. Untuk melihat propertinya pun ada dua pilihan: menggunakan LIST atau dari properties palette.

Menurut anda, mana yang lebih efektif?

Untuk pemenang, silahkan anda cek sendiri, apakah cara anda paling efektif? ;)