Liputan kopi darat komunitas CAD Jabodetabek++ 14 Juli 2012

Sesuai undangan yang diberikan berkali-kali di TentangCAD, milis cadclub, dan grup komunitas CAD di facebook, akhirnya acara kopi darat di Harapan Indah terlaksana. Acara ini sendiri pada akhirnya lebih mirip format seminar. Sangat padat jadwalnya, dan berlimpah hadiah! Alhamdulillah saya sendiri mendapat door prize dispenser (sumpah bukan karena kolusi). Saya sebut Jabodetabek++, karena ternyata yang hadir ada juga yang dari luar Jabodetabek. Semangatnya luar biasa.

Ini adalah para peserta yang hadir, kita berfoto bersama di luar sebelum pulang. Meriah bukan?

peserta kopdar

Acara pertama: pembukaan

Sayang sekali saya tidak dapat hadir dari awal, karena ternyata jalan ke Harapan Indah macetnya luar biasa. Sempat terjebak di exit Cakung, JORR, saya putar balik dan mencoba keluar dari Bekasi Barat. Ternyata macet juga! Alhasil baru jam 11.30 lebih saya sampai. Mungkin yang hadir sedari awal bisa menceritakan apa saja yang terjadi di 30 menit pertama ini.

Acara kedua: presentasi AutoLISP

Acara ini dibawakan oleh Afrizanirman a.k.a. udaaf a.k.a. Idraft Jakarta. Lebih berupa pengenalan AutoLISP. Jadi menjelaskan apa itu AutoLISP, bagaimana dia bekerja, dan bagaimana membuatnya.

Ini gaya ‘dewa mabuk’ AutoLISP tersebut sewaktu presentasi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagi yang ingin memiliki materi presentasi dari Afri saat itu, bisa download di sini.

Setelah acara selesai, dan pembagian kaos ‘Yes, I’m a CAD user’, kita break 15 menit. Oh ya, yang dapat kaos hanya yang berani menjawab atau bertanya. Jadi tidak dibagikan gratis :)

Kaos yang dibagikan seperti ini:

template t-shirt

Acara ketiga: presentasi cloud computing dan mobile access

Di bagian kedua ini saya yang presentasi, membawakan solusi Cloud Computing untuk dunia CAD. Pada waktu yang terbatas ini saya mempresentasikan cloud rendering dan cloud collaboration dengan AutoCAD WS.

Dimulai dengan masalah lamanya problem solving dengan resource terbatas, dan mahalnya jika ingin menambah resource untuk kekuatan komputasi yang besar.

Sayangnya di sana saya tidak memperoleh koneksi internet yang memadai, jadi gagal presentasi live. Akhirnya hanya menunjukkan slide dan video saja.

autocadws

Materi presentasi cloud computing ini dapat didownload di sini.

Acara keempat: presentasi OCE printer dari Artha Intilestasri

Artha Intilestari merupakan sponsor utama dari acara kopdar ini. Mereka mempresentasikan wide format solutions yang mereka punya.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bagi yang berminat untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi wide format printing, 3D printing, dan CNC yang mereka punya, bisa langsung mengunjungi websitenya.

Acara kelima: presentasi pengenalan PDMS

Acara selanjutnya adalah presentasi pengenalan PDMS dari Sudirman. Menarik melihat bahwa PDMS ternyata punya CAD platform sendiri (selama ini saya kira harus nebeng di CAD lain). Dan performancenya juga sangat bagus. Dengan laptop IBM T43 yang cukup jadul, ternyata dapat berjalan dengan mulus. Sudirman mempresentasikan konsep-konsep dari PDMS.

Tidak lupa, seperti pada setiap sesi, hadiah dibagikan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Materi pengenalan PDMS ini dapat di download di sini.

Acara keenam: Presentasi SolidEdge

Saya baru sadar ternyata saya tidak punya foto dari Anderson saat mempresentasikan SolidEdge. Mohon maaf, kalau ada yang punya fotonya, silahkan email saya edo@tentangcad.com supaya bisa saya update artikel ini.

Anderson mempresentasikan Synchronous Design yang memungkinkan SolidEdge bekerja dengan ataupun tanpa history tree. Menarik melihat bagaimana SE bisa bekerja dengan mulus. Saya sendiri cukup familiar dengan free form modeling atau direct modeling, atau apapun istilahnya. Tapi SE sepertinya cukup matang dengan kernel parasolidnya.

Acara ketujuh: Wejangan pak Taufik Ahmad

Bapak Taufik Ahmad mewakili Neosia. Wejangan dari pak Taufik sungguh menarik dan menggelitik. Sangat bermanfaat Pak, kami senang Bapak dapat hadir kemarin.

taufikahmad

Mungkin yang paling menggelitik dan berbekas di hati peserta kemarin adalah moto yang pernah beliau lihat: ‘Jangan pemalas seperti orang Jepang’!

Acara kedelapan: pembagian door prize dari Artha Intilestari

Artha Intilestari juga menyediakan door prize berupa rice cooker dan dispenser! Oknum yang beruntung adalah saya sendiri dan Hadi Subroto.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Terima kasih

Sebetulnya acara kemarin bisa dibilang tidak ada panitianya. Hanya usaha keras dari Afri yang membuat acara ini terlaksana dengan meriah. Hadiah berlimpah ruah, mulai dari USB drive 4GB sampai 16GB, kaos komunitas, kaos Autodesk, map Autodesk, dan door prize.

Terima kasih semuanya yang hadir, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik, meriah, dan saya harap memberikan kesan yang baik. Dan tentunya bermanfaat.

Secara khusus saya mengucapkan terima kasih pada:

  1. Afri yang kerja keras sehingga berhasil mengumpulkan orang dan sponsor.
  2. Artha Intilestari selaku sponsor.
  3. Metrodata yang menyediakan souvenir.
  4. Para presenter yang membagikan ilmunya.
  5. Para pembaca TentangCAD, member cadclub dan member komunitas CAD di facebook. Meski tempat ngumpulnya berbeda, kita bisa tetap berkumpul jadi satu kemarin. Seperti kata Afri: Apapun komunitasnya, tetap software CAD cangkulnya.
  6. Semua pihak lain yang turut membantu, namun tidak disebutkan di sini.

Sampai ketemu di kopdar selanjutnya!