Apakah perusahaan anda telah menggunakan aplikasi CAD yang tepat?

Di bagian yang lalu, kita mendiskusikan beberapa hal yang harus diperhatikan, untuk mengevaluasi penggunaan CAD di perusahaan anda. Apakah telah optimal?

Kali ini kita akan mereview secara detail setiap rinciannya, dimulai dari review, apakah anda telah menggunakan aplikasi yang tepat?

break time

© Vladimir Kirienko | Dreamstime.com

Tepat tidak berarti lebih canggih

Penggunaan aplikasi CAD yang tepat, tidak berarti aplikasi itu harus aplikasi yang paling canggih di industri anda. Anda harus melihat seberapa jauh pekerjaan anda, dan apakah bisa ditunjang oleh aplikasi anda dengan baik.

Jika anda butuh banyak pekerjaan drafting dan detailing, maka AutoCAD bisa dikatakan paling tepat. Jika anda butuh pekerjaan drafting, tapi anda memilih Revit atau Inventor, maka pekerjaan anda justru akan terbengkalai.

Jika anda menggunakannya untuk desain manufaktur, anda bisa mencoba beberapa alternatif. Mulai dari SolidWorks, CATIA, Inventor, UG dan sebagainya.

Di infrastruktur, ada Civil 3D, 12D, Geopak, dan lain-lain.

Ada ratusan software di pasaran. Anda bisa minta trial dan melakukan evaluasi, apakah benar software itu yang anda butuhkan.

Tepat tidak berarti lebih mahal

Tidak selalu software yang lebih tepat untuk kebutuhan anda merupakan software yang lebih mahal. Bisa saja, software yang anda butuhkan malah tersedia dengan gratis. Mungkin salah satu dari 16 aplikasi ini?

Jika anda sudah lihat daftar dari aplikasi gratisan tersebut, maka anda bisa lihat bahwa:

  1. Membuat konsep bangunan dengan project vasari (gratis) lebih efektif daripada menggunakan AutoCAD.
  2. Membuat 3D model dengan 123D lebih baik daripada menggunakan AutoCAD.
  3. Dan seterusnya.

Namun jika kebutuhan perusahaan anda memang AutoCAD, anda harus pertimbangkan dengan matang jika ingin menggantinya dengan alternatif yang lebih murah. Misalnya ‘AutoCAD tiruan’ atau AutoCAD LT.

Tepat berarti efektif dan efisien

Intinya, software yang tepat, berarti efektif dan efisien.

Efisien berarti anda bisa bekerja dengan lebih baik. Dapat mengatasi pekerjaan anda, mulai dari setiap tahap desain, sampai manajemen revisi desain.

Efektif berarti mengurangi banyak pengeluaran yang tidak perlu. Sekarang harga software semakin murah. Jika anda menambahkan 1000-2000 US$, anda mungkin bisa menghemat lebih dari itu dalam waktu singkat.

Salah satu efek buruk dari software bajakan, membuat kita enggan berpikir untuk memilih software dengan teliti. Kita cenderung hanya memilih software yang paling populer. Sebaliknya jika perusahaan dipaksa untuk membeli software dengan harga ribuan dollar, pasti akan lebih teliti dalam memilih software. Setidaknya menghitung return of invesment-nya.

Ada baiknya anda kembali merevisi apakah pilihan anda memang sudah tepat. Di jaman sekarang, semua orang menuntut semua serba cepat, murah, dan berkualitas tinggi. Apakah itu sudah bisa dipenuhi software anda?

Jika belum, anda bisa berpikir untuk mencari alternatif software.