Apakah anda sudah menggunakan hardware yang optimal untuk CAD?

Melanjutkan diskusi soal optimalisasi penggunaan CAD di perusahaan anda. Sesudah membahas aplikasi CAD yang digunakan, kali ini kita akan membahas mengenai hardware.

dell_precision_m2400

Image: Dell Precision M2400. Mobile workstation untuk entry level.

Perkembangan hardware dan harganya

Saya ingat dulu saya sering makan nasi pecel di Hayam Wuruk, Semarang. Waktu itu hanya Rp. 1200 termasuk telor ceplok dan es teh manis. Harga komputer waktu itu sekitar 4-5 jutaan. Masih Pentium I yang paling canggih.

Hari ini harga nasi pecel seperti itu setidaknya Rp. 12.000. Dan dengan 4-5 jutaan sudah bisa mendapatkan komputer dual core.

Artinya apa? Dengan harga 10 kali lebih murah, kita bisa mendapatkan komputer dengan performa ratusan kali lebih cepat.

Untuk perusahaan, nilai ini bisa dihitung lagi dengan menghitung hardware + software. Harga komputer + AutoCAD mungkin sekitar Rp.30-40 jutaan. Mungkin harganya hampir 10 kali lipat dari meja gambar manual. Tapi produktifitas yang anda peroleh tentunya lebih dari 10 kali lipat daripada menggunakan meja gambar manual. Karena itulah orang beralih ke aplikasi CAD, dan mulai meninggalkan meja gambar.

Pengaruh hardware pada pekerjaan

Seberapa penting kah hardware? Kalau di perusahaan anda aplikasi CAD adalah tulang punggung, maka sangat penting.

Coba kita lihat:

  1. Jika anda menggunakan hardware yang kurang spesifikasinya, maka anda butuh waktu lebih untuk hanya sekedar membuka aplikasi dan membuka file. Mungkin anda menganggap remeh. Tapi kalau anda kehilangan waktu sehari sampai 30 menit karena proses ini berjalan lambat, maka anda kehilangan waktu 1/2 x250 hari kerja = 125 jam. 15 hari kerja!
  2. Graphic card yang tidak baik akan membuat sulit pekerjaan 3D yang kompleks, seringkali butuh kesabaran sendiri hanya untuk memutar view. Yang paling parah yang pernah saya lihat adalah tidak munculnya snap di Inventor. Meski tidak bisa terlalu diukur, anda berpotensi kehilangan beberapa hari kerja produktif setahun karena masalah ini. Masalah ini juga bisa muncul kalau anda menggambar 2D dengan low entry graphic card.
  3. Kurangnya kemampuan hardware untuk simulasi dan rendering lebih parah lagi. Anda mungkin butuh waktu 4 jam atau lebih (kalau komputer tidak hang).
  4. Masih ada faktor-faktor lain yang bisa mempengaruhi pekerjaan anda. Kalau anda bergabung dengan forum CAD, anda pasti sering melihat banyak sekali masalah yang timbul karena hardware yang tidak memadai.

Artinya apa? Anda punya potensi kehilangan waktu cukup signifikan karena hardware yang tidak optimal. Belum lagi potensi project yang tidak bisa anda ambil karena hardware yang tidak mendukung.

Bagaimana memilih hardware untuk CAD?

Penting untuk disadari bahwa aplikasi CAD sangat tergantung pada grafis. Pilih kartu grafis yang mampu anda beli, dan buatlah komputer yang mendukungnya. GPU adalah segalanya di CAD. Kalau anda coba lihat-lihat di beberapa vendor CAD, maka anda akan lihat daftar kartu grafis yang disertifikasi. Tapi umumnya hanya spesifikasi seadanya untuk prosesor dan lainnya.

ati firepro

Image: ATI FirePro V8800, salah satu kartu grafis terbaik yang disertifikasi Autodesk.

Kalau anda memilih hardware dengan prosesor setinggi-tingginya, namun kartu grafis seadanya, maka anda salah kaprah. Untuk rendering dan simulasi mungkin ya. Tapi untuk CAD tidak. Utamakan kartu grafis.

Sesuaikan kebutuhan dengan hardware

Namun tentu saja anda perlu mempertimbangkan harga dan kebutuhan. Untuk 2D seperti AutoCAD, desain 3D yang sederhana, anda dapat memilih entry level. Makin tinggi kebutuhannya, tentu anda butuh hardware yang lebih sakti.

Bagaimana dengan hardware di perusahaan anda? Apakah sudah optimal?

  • indra

    menarik, saya tertarik untuk masuk ke industri ini. saya cukup berpengalaman modeling dengan 3ds max dan maya, tapi seiring dengan hobi, saya lebih milih ke CAD yang lebih ‘serius’ untuk menciptakan produk sendiri. perkenalkan saya indra, kalau boleh tau email Anda boleh?