Mematikan tombol F1 sebagai tombol help

Tombol esc adalah tombol favorit untuk pengguna AutoCAD. Saya pernah melihat seorang pengguna AutoCAD bisa menekannya sampai ratusan kali dari jam 8-5. Sayangnya tombol ini berdekatan dengan F1, dan mereka sering tidak sengaja menekannya. Saat f1 ditekan, AutoCAD akan diam beberapa saat dan meload help. Hal ini bisa sangat mengganggu. Apalagi di AutoCAD 2011, help file secara default ada di server Autodesk, membuatnya lebih lama lagi untuk dipanggil. Jadi banyak yang menginginkan untuk mematikan tombol f1.

Banyak cara yang dilakukan orang. Yang paling menarik adalah cara ‘desperate’ yang dilakukan  Skipp Millet, seperti yang dipublish di Cadalyst ini.

Disable F1 with paperclip

Buat anda mungkin tampak lucu :) Tapi ya, f1 bisa sangat mengganggu.

Cara yang lebih elegan mungkin yang dilakukan Almas Suljevic. Lihat bagaimana anda dapat mematikan tombol f1 di AutoCAD ini. Anda dapat menugaskan tombol f1 untuk fungsi lain dengan memodifikasi CUI.

Cara itu bisa bekerja dengan baik untuk AutoCAD. Agak rumit, tapi bisa. Nah kalau anda ingin mematikan f1 untuk semua program di komputer anda, harus menggunakan cara lain. Bukan dengan paper clip, tentu saja!

Saya menemukan program kecil ini yang dapat mematikan atau mapping ulang tombol keyboard. Cobalah KeyTweak ini. Anda dapat menugaskan tombol f1 ke tombol lain dan menugaskan tombol pengganti untuk memanggil help. Saya masih sering menggunakan help file, jadi menurut saya ini solusi yang bagus.

Selamat mencoba!