DraftSight: Alternatif AutoCAD Gratisan

Sebetulnya aplikasi ini sudah beberapa waktu yang lalu dirilis. Namun mungkin belum semuanya tahu, jadi saya pikir tidak ada salahnya saya share lagi di sini.

DraftSight adalah aplikasi tiruan dari AutoCAD yang dapat anda download dan gunakan secara gratis. Meski gratis, pembuat aplikasi CAD ini bukan vendor sembarangan, yaitu Dassault Systemes. Mungkin yang bekerja di bidang manufaktur sudah tau, DS adalah vendor yang punya produk CAD yang sangat disegani: CATIA dan SolidWorks.

Menurut cerita yang beredar di internet, DraftSight dirilis untuk menggantikan DWG editor yang dulu dibundle dengan SolidWorks. Dan kalau dulu DWG editor hanya dibundle dengan SW, sekarang semua jajaran produk DS juga dibundle dengan aplikasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa didownload dari situs DS oleh semua orang… dan gratis!

Coba perhatikan tampilan DraftSight berikut ini, sangat mirip dengan AutoCAD. Dan ukuran file source-nya juga kecil. Hanya sekitar 40MB!

Bagi para pengguna veteran, tidak akan terlalu lama butuh waktu untuk menyesuaikan diri. Ya, anda bisa menggunakan command alias AutoCAD di command line-nya!

draftsight_interface

Jadi bagi anda yang ingin punya software legal dan halal, aplikasi ini bisa jadi alternatif. Anda bisa gunakan untuk nyambi di rumah, atau sebagai aplikasi pelengkap.

Limitasi

Meski keliatannya aplikasi ini cukup menjanjikan, namun aplikasi ini bukanlah AutoCAD sungguhan. Artinya meski hampir semua fitur basic ada, banyak juga fitur lain yang tidak ada. Hal lain yang patut jadi pertimbangan adalah Autodesk seringkali memblokir file DWG dari aplikasi yang bukan partner Autodesk. File DWG anda mungkin tidak bisa dibuka di AutoCAD. Saya pernah lihat file dari ProgeCAD tidak bisa dibuka di AutoCAD. Rekan-rekan mungkin sudah tahu, ProgeCAD juga tiruan dari AutoCAD, tapi berharga murah.

Jadi aplikasi ini tidak saya sarankan untuk skala korporat, atau kalau perusahaan anda perlu banyak mengirimkan gambar ke client. Tapi aplikasi ini sangat cocok untuk perorangan yang ingin punya aplikasi CAD di rumah, atau perusahaan kecil yang ingin punya aplikasi CAD sebagai pengganti meja gambar.

Ingin coba? Silahkan download aplikasinya di situs Dassault Systemes! Aplikasi ini tersedia untuk platform Windows dan Mac, jadi Mac users bisa ikutan coba!

  • hengki

    mas edwin, dah nyoba aplikasi ini? bener2 ngga bisa dibuka dari autocad? ada ngga cara ngakalinnya?

    • http://tentangcad.com Edwin Prakoso

      Sekarang sih masih bisa dibuka di AutoCAD, dan bisa juga buka file dari AutoCAD 2011. Meski waktu di buka di AutoCAD ada warning file itu bukan ‘trusted DWG’.
      DraftSight bisa buka file dari AutoCAD 2011 dengan relatif cepat.
      Tapi tidak ada jaminan file dari DraftSight bisa dibuka di AutoCAD selamanya.

  • dadan

    boleh juga nih, buat ngobject :)

  • http://karyaguru.wordpress.com koeshariatmo

    informasi yang sangat bermanfaat mas… ke TKP dulu untuk coba download
    Terimakasih atas share infonya

  • http://agung48.wordpress.com agung

    Ternyata saya baru tahu tentang kelemahannya. Tapi untuk sekala rumahan pastinya sudah bagus pak. :D
    DWGeditor juga masih kurang optimal pak (pendapat pribadi). :D

  • Sahrul yunus1

    apa yang dimaksud Non-Commercial Release DraftSight…bolehkan digunakan untuk kerja..?