AutoCAD Tips: Mencetak Banyak Gambar AutoCAD dengan Sekali Klik!

Salah satu tip yang sering ditanyakan oleh pengguna AutoCAD adalah mencetak banyak gambar sekaligus, atau dikenal sebagai batch plot. Tentunya tidak praktis kalau kita butuh mencetak ratusan gambar dan harus pick boundary dari model untuk setiap lembarnya. Nah, ini alasan kenapa anda butuh menggunakan layout! Tidak hanya mencetak ratusan gambar sekaligus, anda dapat mencetaknya ke beberapa plotter juga. Misalnya anda butuh mencetak dalam format A1 dan A3 ke printer berbeda, atau anda punya beberapa plotter dan ingin mencetak ratusan gambar ke plotter-plotter tersebut. Banyak plotter yang bekerja, akan lebih cepat bukan?

Page Setup Manager

Sebelum anda menggunakan AutoCAD batch plot, anda harus mengatur gambar anda di layout dengan menggunakan page setup yang benar.

Anda dapat mendefenisikan page setup di page setup manager. Anda dapat membukanya melalui menu AutoCAD menu> print> page setup. Atau anda dapat membuka layout, klik kanan pada tab layout dan memilih page setup manager dari contextual menu.

page setup Need Batch Plot Your AutoCAD Drawings to Several Plotters at Once?

Sekarang anda akan melihat page setup manager terbuka. Di beberapa template AutoCAD standar, beberapa page setup sudah terinstall, tapi umumnya belum. Kita dapat membuat baru dengan mengklik new.

page setup manager Need Batch Plot Your AutoCAD Drawings to Several Plotters at Once?

Beri nama page setup yang sesuai. Di sini saya menggunakan A1 dwf. Di page setup ini saya ingin mengatur ukuran kertas menjadi A1 dan saya ingin mencetaknya ke printer DWF.

Sekarang saya buat satu lagi: A3 pdf. Saya ingin yang satu ini ke printer PDF. Kalau anda punya printer, anda dapat mengaturnya ke sana.

Jangan lupa untuk mengatur layout AutoCAD untuk menggunakan page setup tersebut. Bukalah layout yang ingin anda set, lalu buka page setup manager. Anda dapat melihat nama layout di bagian current layout. Di bawah ini layout saya adalah layout3.

Pilih page setup yang ingin anda gunakan, lalu klik set current. Anda akan melihat nama page setup di sebalah layout di dalam tanda kurung.

page setup manager with page setup Need Batch Plot Your AutoCAD Drawings to Several Plotters at Once?

Sekarang periksalah sheet AutoCAD tersebut. Jika ada tampilan yang belum sesuai perbaikilah sekarang. Tambahkan semua informasi yang masih tertinggal.

Batch Plot

Sekarang setelah anda memiliki beberapa sheet untuk dicetak, anda dapat mencoba mencetak seluruhnya sekaligus. Anda dapat membuka dialog publish dengan mengakses AutoCAD menu > publish atau print> batch plot.

Di bawah, anda dapat melihat model dan layout dari gambar saya. Anda dapat juga menambahkan layout dari gambar lain tanpa membuka gambar tersebut.

publish_dialog_thumb

Kesimpulannya, menggunakan layout banyak memiliki keuntungan. Batch plot hanya lah salah satunya. Apakah anda sudah menggunakan layout?

  • Dezafo Byme

    mas, klo menggunakan walkthrough (video berjalan) di autocad 2006 ….gmn caranya…???
    atw harus menggunakan 3ds max…???

  • herman

    pak..mau tanya..bagaimana caranya ngeprint ke pdf,tapi satu file terdiri dari beberapa lembar(sheet)..sekarang saya ngeprint ke pdf,satu file satu lembar (sheet)..mohon tanggapannya

    • http://vianarch.blogspot.com budi santoso

      Mungkin bisa saya bantu,….pakai program pdfcreator dari http://www.pdfforge.org/pdfcreator.
      Alat ini berfungsi sebagai plotter untuk program apa saja, menhasilkan output berupa file *.pdf, baik single page ataupun multiple page.
      setelah terinstal dengan benar, dia akan muncul di daftar plotter. tinggal kita atur propertiesnya seperti uk. kertas, dll.
      semoga membantu.

      • herman

        trim’s “sam”, infonya sangat membantu…ane sdh mencoba dan berhasil..tanya lagi, kalo mau menampilkan layer di pdf gimana caranya…saya ngeprint ke pdf,ada yg keluar layernya tp ada jg yg g keluar..kenapa yaa? trim’s

  • ibnu

    tolong dijawab gan,, ko saya ngeplot ke PDF mengikuti langkah2 diatas ko ga bisa yah…, padahal dah sama persis perintahnya seperti yang bung jelaskan diatas…? tolong tanggapannya…

  • yovie

    gini pak saya sering ngplot pakai layout..
    pas ada kejadian saya ditugasin buat sebuah gedung, dan hasil plot nya sampai beratus lembar. memang sih saya mengatur printer layout nya dengan printer kantor saya (brother), jadi bisa prin sekaligus

    nah ceritanya printer kantor rusak diganti dengan (ix500), wah di situ kualahan harus ngeprin perlembar, karna nama printer berubah. terus belum lagi perubahan jenis kertas lagi, karna saya ngesat (A3).

    bapak saya sangat butuh solusi nya. mohon bantu..
    ini email saya (vyovie@gmail.com).

    • SW

      Pake publish ato script aja brooo

      • yovie

        gini bro, kalau publish ane tau, tapi masalah nya,
        ane steel per
        layout dengan printer ane sendiri. kejadian nya ane mau ngeprin di luar.
        nah waktu ane publish all layout. itu nyambung nya ke printr ane, jadi
        gak bisa publish.. ada solusi barang kali..

        • http://cad-notes.com Edwin Prakoso

          Cara paling gampang ya publish ke DWF atau PDF. Nanti tinggal bawa file DWF-nya aja, itu yang diplot.
          Atau bisa juga bikin pagesetup baru, trus ganti semuanya. Cepet juga kok. Ntar coba saya bahas caranya.

  • yuni

    udah sesuai bgt ngikutin cara ini tapi kok gak bisa yaa??