10 Keuntungan Menggunakan AutoCAD LAyout

Saya mulai menggunakan AutoCAD sejak R14. Pada waktu itu AutoCAD sudah punya paperspace (atau bagi yang muda-muda disebut layout), tapi penggunaan modelspace masih sangat umum. Dan sepertinya yang mengajari saya AutoCAD terlalu malas untuk mengajarkan saya layout. Ini lah masalahnya kalau belajar AutoCAD sendiri  dari teman atau ikut training yang kurang mumpuni. Mereka tidak terlalu mengupdate teknologi dari versi baru, dan mengajarkan kebiasaan mereka bekerja saja. Pendeknya, saya pernah terbiasa menggunakan modelspace untuk mengatur gambar saya, sampai kemudian saya memutuskan menggunakan layout.

Banyak keuntungan yang didapat dengan menggunakan layout. Berikut 10 keuntungan yang dapat saya simpulkan.

MENYEDERHANAKAN GAMBAR

Pertama, menggunakan layout akan menyederhanakan gambar. Di bawah ada beberapa gambar dengan skala yang berbeda. Bagaimana kita melakukannya di modelspace? Kita betul-betul menggambar objek itu beberapa kali (dengan mengkopinya). Jika anda punya gambar detail, maka anda harus mengkopinya dan menskalanya. Mungkin harus men-trim untuk merapikan gambar itu. Ketika kita harus melakukan perbaikan gambar, maka kita harus mengupdate setiap gambar secara manual.

section and details

Nah, kalau kita menggunakan layout, maka akan memberikan keuntungan-keuntungan berikut:

1. Kita selalu menggambar dengan skala 1:1

Tidak masalah jika di gambar anda saat dicetak ada beberapa skala sekaligus. Mau 1:1, 1:10, 1:100 di satu kertas, kita selalu menggambar dengan skala penuh 1:1. Bahkan pemula tidak perlu berpikir banyak untuk masalah skala saat menyelesaikan gambarnya.

Menggunakan modelspace? Kita harus menentukan bagian gambar yang utama, lalu bagian lain harus diskala, membuat dimension styles yang berbeda, dll.

2. Menampilkan Bagian yang Berbeda dari satu model

Kita cukup menggambar satu kali dengan skala penuh, namun kita dapat menampilkannya beberapa kali di gambar kita. Cukup dengan membuat beberapa viewport. Kadang kita membutuhkannya karena gambar kita terlalu besar untuk satu kertas saja, dan kadang kita perlu menampilkan detail dari gambar kita.

Saat ada perubahan, kita cukup mengupdate gambar di modelspace, dan semua viewport akan diupdate. Tidak perlu mengupdate setiap gambar secara manual.

3. Tidak Perlu Banyak Styles

Perhatikan gambar di bawah. Di bawah adalah gambar tangga dan detailnya. Detail dibuat dengan menskala bagian dari gambar tangga. Karena detail itu sudah bukan skala 1:1, saat kita perlu menambahkan dimensi, kita harus membuat dimension style baru. Jika detail itu diskala 4 kali, maka dimension style kita perlu dikoreksi dengan scale factor 1/4.

Bingung? Tidak apa. Masalah ini memang tidak bisa dijelaskan dalam 1-2 paragraf saja.

detail_view

Anda harus berpindah dari satu dimension style ke lainnya. Ini bisa membingungkan dan memungkinkan anda melakukan kesalahan. Bagaimana kalau anda punya 4-5 skala dalam satu gambar? Bagaimana kalau anda punya beberapa sheet di model space? Anda akan punya banyak styles untuk dipakai!

4. Mudah Mengontrol Skala Gambar

Dengan layout, mengontrol skala menjadi sangat mudah. Seperti yang disebutkan di no.1, kita hanya perlu menggambar dengan skala penuh. Kita dapat mengatur skala dengan mudah di layout.

Anda dapat membuat viewport, memilihnya, dan mengganti skala melalui viewport scale list di kanan bawah. viewport_scale

Kalau anda ingin melihat penggunaan viewport scale ini, bisa lihat di video YouTube di tulisan ini.

SATU GAMBAR, BANYAK REPRESENTASI

kalau kita bekerja dengan modelspace, kita memperlakukannya seperti menggambar secara manual di kertas. Ketika anda butuh menampilkan satu model beberapa kali, maka anda harus mengkopinya untuk menampilkan setiap kali. Layout memungkinkan anda menggambar hanya sekali, menampilkannya dengan gaya berbeda. Tidak hanya skala, seperti yang sudah dibahas di no.2.

5. Orientasi Sudut yang Berbeda

Setiap viewport dapat dibuat untuk memiliki orientasi sudut berbeda. Misalnya anda butuh menampilkan siteplan dengan arah sesuai arah utara desain. Anda dapat menampilkan gambar yang sama dengan sudut yang berbeda. Sangat mudah untuk dilakukan di layout.

different_orientation

6. Gambar yang Berbeda dengan Layer Properties per Viewport

Sejak AutoCAD 2008, kita memiliki fitur ini. Kita dapat mengatur layer properties yang berbeda untuk setiap viewport. Misalnya, anda dapat menampilkan hatch pada gambar detail, tapi menyembunyikannya di gambar berskala besar.

Anda dapat melihat contoh penggunaan layer properties per viewport di tulisan ini.

layer_properties_manager

7. Keuntungan dari Annotation Scaling

Fitur lain yang dapat kita manfaatkan bersama layout adalah annotation scaling. Kita dapat menggunakannya di model space, tapi keuntungan terbesar diperoleh dengan menggunakan layout.

alt

Annotation scaling dapat membuat annotasi anda selalu terbaca, bahkan pada skala yang berbeda.

MANAJEMEN GAMBAR DAN OTOMATISASI

Dengan mendefenisikan layout, kita memberitahukan AutoCAD untuk mengenali kertas kita. Ini memungkinkan kita menggunakan fitur lain terkait dengan layout untuk manajemen dan mengotomatisasi beberapa proses.

8. Mengontrol Pengaturan Cetak dengan Mudah

Pengaturan cetak sangat mudah digunakan ketika anda menggunakan layout. Ingat, kita selalu menggunakan full scale, baik di modelspace ataupun di page setup.

Satu-satunya yang kita ubah skalanya hanya di paperspace, dan caranya juga sangat mudah. Bandingkan jika anda menggunakan modelspace. Anda harus mengubah skala di modelspace, dan juga di dialog cetak ini.

AutoCAD_page_setup_manager

Dengan menggunakan layout, kita cukup mengganti ukuran kertas, dan selalu menggunakan skala 1:1. Margin cetak ditampilkan dengan garis putus-putus. Cukup mudah dipahami dan diprediksi hasil cetaknya.

sheet_layout

9. Keuntungan Sheet Set

Sheet set merupakan fitur yang bagus untuk manajemen gambar anda. Ada beberapa white paper di sini yang bisa anda pelajari jika anda berminat. Pendeknya, kita dapat mengatur agar gambar tersebut lebih teratur dan mudah diakses, dimanapun lokasi setiap file. Setelah kita punya satu set gambar, kita dapat menggunakan eTransmit dan mengirimkan seluruh project dalam satu file zip. Kita juga dapat memplot seluruh gambar project dengan mudah, cukup beberapa kali klik.

sheet_set_manager

Beberapa keuntungan lain adalah menggunakan sheet set fields. Sheet set punya beberapa properties yang memungkinkan teks otomatis muncul di title block. Seperti nama project, no kertas, dll. Bahkan anda dapat membuat daftar isi gambar secara otomatis.

sheet_set_fields

10. Batch Plot

Kalau anda masih enggan menggunakan sheet set, anda tetap dapat menggunakan batch plot. Batch plot memungkinkan anda mencetak ratusan gambar sekaligus tanpa harus membuka file satu persatu, bahkan ke beberapa printer sekaligus!

Bagaimana dengan Anda?

Apakah anda sudah menggunakan layout? Jika belum, apa menurut anda keuntungan modelspace dibandingkan menggunakan layout? Dan jika sudah, apakah anda punya alasan lain kenapa kita mesti menggunakan layout?

  • albert

    Mantap pak…ini yg saya cari…

    • Andri_cad

      temennya solprof ada juga,,Flatshot,,lebih gampang malahan

  • Sugeng Marjono

    saya tambahkan jadi 11 ya pak edo.. :)
    11. SOLPROF
    Bagi yang menggunakan AutoCAD untuk keperluan 3D, maka perintah “solprof” HANYA berlaku di lembar layout/paperspace. Kegunaan solprof adalah untuk mendapatkan gambar 2D baik yang tampil dan tersembunyi dari objek 3D. Jadi TIDAK PERLU rekayasa lagi, biar AutoCAD yang bekerja. Bingung? Tidak apa. Masalah ini memang tidak bisa dijelaskan dalam 1-2 paragraf saja.. ;)

  • http://ha54n.blogspot.com Hasan Hamid

    saya biasa menggunakan layout pak, cuman yang masih saya belum temukan adalah membuat ukuran text agar semua serasi.. tentu jika serasi dan sama besar akan menambah keindahan gambar kita,
    adakah cara agar hal itu bisa kita lakukan di layout? sementara ini yang saya lakukan adalah membagi skala yang akan kita taruh di layout, hanya saja jika ada sesuatu hal saya haru menambah gambar di layout ersebut dan harus mengecilkan lagi skalanya maka otomatis text yang dalam model sudah saya hitung akan berantakan, bagaimana bapak mengatasi ini? mohon share informasinya.
    Dan sebenarnya berapa ukuran normal atau standart text yang di tampilkan dalam gambar?
    Thanks sebelumhya

    • http://www.cad-notes.com Edwin Prakoso

      Hasan, coba gunakan annotation scaling: http://tentangcad.com/2007/11/annotation-scale/

      • http://ha54n.blogspot.com Hasan Hamid

        oke pak saya coba ke TKP… wah sudah di balas kok saya gak ada pemberitahuan di email ya pak? padahal sudah berlangganan dengan web ini :D

  • http://motosuki.blogspot.com Yudhiarma

    Saya sering menggunakan layout untuk keperluan mencetak gambar karena lebih mudah. Tapi ada satu masalah yang dari dulu tidak bisa saya pecahkan, yaitu tentang garis putus-putus yang saya buat di model terlihat putus-putus, tapi di layout bisa menjadi tidak terputus-putus, begitu dicetak dia juga tidak terputus-putus.
    Pertanyaannya adalah : Bagaimana cara mencetak yang benar untuk di layout agar gambar yang ada di model dan yang ada di layout sama persis kondisi garisnya (baik putus-putusnya, dan lineweight nya).

    Terimakasih atas jawabannya :)

    • rebo_kliwon

      Coba membantu mengatasi permasalahan. Solusi ini juga saya dapat dari tetntang CAD.
      1. Di model space, set properties grs putus2 sehingga terlihat seperti yg dikehendaki.
      2. Pindah ke Layout space, usahakan border viewport sdh terkunci.
      3. Setelah dalam keadaan terkunci, klik viewport yang memuat gambar dengan garis putus2. Lalu ketikan perintah PSLTSCALE enter, ganti nilai 1 (default) menjadi 0 (nol). Kemudian Regen gambar tersebut.

  • uci_nex

    saya mw tanya pak,kenapa setiap saya sudah masuk ke layout dan memasukkan dimension di layout dan saya save,,tapi ketika saya membuka file tadi,dimension yg sudah saya masukan menjadi kacau letak nya,,,mohon pencerahannya pak

  • prawira

    ini pertanyaan newbie (baru belajar 2 minggu), kenapa setiap saya cetak (preview) gambar hasil garis, text selalu tebal jadi cenderung tidak terbaca pdhl kertas A3, mohon pencerahannya
    makasih

  • andi

    bagus webnya pak.. sangat bermanfaat sekali :) izinkan saya bertanya..

    saya menconvert sebuah denah type JPG ke autocad, setelah gambar masuk ke autocad, saya menjadi kesulitan dalam mengatur skalanya pak.. jika saya ukur sebuah garis pendek dalam gambar itu bisa sepanjang 1000000000, sehingga benda-benda yang sudah saya buat sebelumnya terlalu kecil di denah itu.. sampai-sampai tidak terlihat… yang mau saya tanyakan,

    bagaimana caranya mengecilkan gambar tersebut? agar ukuran pada linear dimension bisa seperti yang saya inginkan… terima kasih sebelumnya atas bantuan bapak :)

  • Bayu Priambada

    Saya bbrp hari yg lalu membaca artikel tentang penggunaan tab lay out dlm autocad di web ini, tapi saya msh tdk bisa memanfaatkan dg baik setelah saya mencobanya berulang-ulang terutama saat proses pencetakan, sama sekali tdk sesuai harapan saya, jika boleh saya mau menanyakan bbrp hal :

    (1) Utk menggunakan tab lay out,apakah kita harus menggambar dengan skala sebenarnya (1:1) yg dlm hal ini dlm satuan (mm) ? Sebab sy sangat tdk terbiasa dg satuan (mm). Dilapangan saat saya berkomunikasi dg pekerja / tukang (dlm proyek yg sesungguhnya) satuan yg umum disebut adalah centimeter & meter, pun dlm mengambar saya biasanya memakai input satuan meter, artinya saya akan mengetik 1 utk garis sepanjang 1m. Bisakah saya tetap memanfaatkan lay out dg input satuan meter dan bgm caranya wkt mencetak dlm skala berbeda?

    (2) Kenapa tampilan style garis bisa tdk sama dlm model dan tab lay out, bahkan saat saya mencoba menggambar dg skala yg sebenarnya dlm satuan (mm) yaitu 1:1. Misal saat saya menggambar sebuah garis putus2 sptnya sdh tampak ideal terlihat di modelspace tapi sama sekali tak terlihat saat di tab lay out dan print preview

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih jika Anda berkenan menjawab pertanyaan saya & sukses selalu utk Anda

    • sugeng marjono

      sudah saya jawab via email ya pak..

      • munawir

        sy juga punya pertanyaan yang sama dengan sdr. Bayu priambada pak, kalau bpak berkenan, sy jg minta dikirimin jawabannya di mmunawir22@gmail.com, trima kasih sebelumnya

      • munawir

        terutama untuk pertanyaan no. 2, terima kasih

      • irvan nurcholis

        saya juga punya pertanyaan sama pak.
        kalo berkenan saya minta penjelasannya juga.
        email saya irvanart@yahoo.com
        Thanks