Bricscad dan Antarmukanya

Setelah sekian lama vakum dikarenakan oleh banyaknya kegiatan, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba kembali menulis beberapa tutorial mengenai program CAD.  Pada kesempatan kali ini dan mungkin kesempatan yang lain saya akan mengupas lebih banyak mengenai software Bricscad yang sebagian dari Anda mungkin sudah mengenalnya sebagai alternatif untuk program yang paling sering Anda pergunakan yaitu AutoCAD®. Mungkin sebagian dari Anda belum banyak yang menggunakan program ini, tetapi dari pengalaman saya berkunjung ke beberapa perusahaan engineering, program ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang engineering terutama building engineering. Melihat banyaknya pelaku usaha yang sudah menggunakan program ini, mudah-mudahan program ini dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi Anda yang ingin mengekspplor CAD lebih dalam.

Berikut ini saya berikan sedikit gambaran  mengenai Bricscad, Bricscad merupakan program CAD berbasis DWG yang diproduksi oleh Bricsys NV dari Belgia. Rekan-rekan dapat mengeksplor lebih dalam di website Bricsys yang bisa ditemukan disini.

Bricscad menggunakan ekstensi penyimpanan yang sama dengan AutoCAD, sehingga dapat mengolah berbagai file DWG, DXF dan DWT layaknya program AutoCAD.

Berikut ini saya akan memberikan gambaran antarmuka Bricscad versi terbaru yaitu versi 10.


Ketika Anda melihat tampilan antarmuka di atas, antarmukanya tidak jauh berbeda dengan antarmuka AutoCAD® versi 2009 ke bawah. Berikut ini merupakan nama-nama dari tampilan antarmuka tersebut.

1. MENU BAR

Sama halnya seperti AutoCAD® menu bar merupakan baris menu yang memiliki fungsi dan fitur-fitur tertentu untuk menjalankan program Bricscad. Setiap kolom dalam baris menu ini memiliki fungsi untuk menjalankan perintah-perintah Bricscad baik untuk menggambar, mengedit, menyimpan dan lain sebagainya yang digunakan untuk menyelesaikan suatu proyek penggambaran.

2.    TOOLBAR (DOCKED)

Merupakan toolbar yang menempel pada Jendela Aplikasi Bricscad. Toolbar ini merupakan toolbar default ketika Anda menjalankan program Bricscad pertama kali. Toolbar ini dapat juga Anda fungsikan sebagai toolbar floating dengan cara mendrag toolbar tersebut ke daerah penggambaran.

3.    COMMAND BAR

Merupakan peralatan yang digunakan untuk memasukkan perintah-perintah Bricscad. Selain untuk memasukkan perintah, Command Bar juga dipergunakan untuk menampilkan informasi dan status dari perintah yang sedang Anda jalankan. Command Bar juga menampilkan informasi dan status dari suatu perintah apabila Anda menggunakan pemasukan perintah dengan menggunakan menu bar dan toolbar.

4. PROMPT BOXES

Bagi Anda yang sudah lama bergelut dalam program AutoCAD® terutama AutoCAD® versi 2000 ke bawah, prompt boxes sudah tidak asing lagi. Prompt Boxes merupakan sebuah kotak yang memunculkan pilihan-pilihan perintah lanjutan apabila Anda memasukkan suatu perintah pada Bricscad. Selain pada Prompt Boxes, Pilihan-pilihan perintah lanjutan tersebut juga ditampilkan pada Command Bar dan Status Bar. Pilihan-pilihan perintah lanjutan tersebut akan sangat membantu Anda dalam menggunakan perintah-perintah Bricscad yang tersedia.

5. PICK BOX DAN CROSSHAIR

Pick Box (kursor berbentuk kotak) merupakan alat yang digunakan untuk menangkap suatu objek dalam area penggambaran. Crosshair merupakan garis yang saling berpotongan didalam dan diluar Pick Box digunakan sebagai garis bantu dalam menggambar dan menangkap suatu objek dalam area penggambaran. Dalam kesempatan yang lain saya akan membahas lebih dalam mengenai penggunaan aplikasi ini.

6.    DRAWING AREA

Merupakan area yang digunakan untuk menampilkan, menggambar, mengedit dan mengolah gambar yang sedang dibuat.

7. UCS Icon

Merupakan Icon yang menunjukkan sistem koordinat yang digunakan pada Briscad. Secara default sistem koodinat yang ditunjukkan berdasarkan sumbu X dan sumbu Y.

8. STATUS BAR

Merupakan peralatan yang digunakan untuk menampilkan status atau keadaan dari berbagai fungsi yang terdapat pada Bricscad. Baik dalam daearah penggambaran maupun diluar daerah penggambaran. Pembahasan lebih lanjut mengenai status bar ini, akan dibahas pada subbab Bekerja Dengan Status Bar.

9. PROPERTIES BAR

Sama halnya seperti pada program AutoCAD®, properties bar akan menampilkan identitas dari setiap objek yang ada di area penggambaran. Identitas yang umum ditampilkan seperti layer, tipe garis, letak koordinat dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang lain saya akan lebih banyak mengupas tentang perbedaan yang mendasar antara Bricscad dengan AutoCAD®.