Mengatur Cahaya Matahari di AutoCAD itu Mudah!

Apakah anda pernah merasa kesulitan mengatur lighting, terutama di AutoCAD? Atau mungkin pernah merasakan bahwa proses trial and error untuk memperoleh efek lighting yang bagus itu memakan waktu terlalu lama? Kita akan coba mempermudahnya pada tutorial rendering kedua ini. Kali ini kita akan melangkah sedikit lebih jauh dengan menyeting cahaya matahari. Sebelumnya anda sudah berlatih mengatur kamera. Kali ini kita mulai dari natural lighting atau sunlight.

Download file berikut untuk meneruskan tutorial ini. Atau tentu saja, anda dapat mengerjakan model anda sendiri.

Mematikan Material

Kalau kita merender dengan material akan memakan waktu cukup lama. Terutama jika kita punya banyak material transparan dan reflektif. Jadi kalau tujuannya masih untuk mendefenisikan lighting, maka lebih baik dimatikan saja lebih dulu. Toh, hasil ini memang belum final, yang penting kita dapat mendefenisikan lighting dengan cepat dan mudah.

Buka render tab, materials panel. Ubah materials/textures off.

material_off

Model yang saya gunakan terbilang sederhana. Kalau model anda punya beberapa jendela atau opening, anda dapat mengatur agar lighting datang dari sudut yang pas. Tujuan kita kali ini adalah mengatur agar cahaya matahari dari AutoCAD datang melalui jendela yang ada.

Matikan layer 3D-GLAZ-GLAS untuk menyembunyikan objek kaca. Jika model anda sangat-sangat kompleks, anda dapat mematikan layer beberapa objek detail yang tidak terlalu penting, yang tidak terlalu mempengaruhi lighting kita. Jika anda menggunakan komputer high end dan mengerjakan model sederhana, mungkin tidak akan terlalu terasa. Namun jika model cukup besar, apalagi kalau komputernya sudah agak bangkotan, rendering akan jauh lebih cepat. Ingat, ini hanya untuk testing, bukan untuk final render! Saya menyembunyikan furniture di tutorial ini. Anda boleh ikut melakukannya, boleh jg tidak.

Geographic Location

Selanjutnya kita akan mendefenisikan matahari dengan benar. Klik set location di tab sun & location.

set_location

AutoCAD akan mengeluarkan pop-up dan menanyakan bagaimana anda ingin lokasi tersebut didefenisikan. Kali ini, pilih saja enter location values. Anda dapat bereksperimen dengan metode lain kelak. Klik use map untuk memilih lokasi berdasarkan peta.

geographic_location

Pilih lokasi project anda dan klik OK sampai semua dialog tertutup.

Sky and Sun Properties

Sekarang kita akan mengaktifkan langit. Tanpa mengaktifkan langit, maka langit akan tampak hitam. Tentunya tidak bagus untuk rendering siang hari bukan? Ubah langit menjadi sky background and illumination.

 

sky_properties

Sekarang kita akan mengaktifkan matahari. Klik icon sun status.

sun_status

Pertama kali kita melaukan ini, AutoCAD akan memberikan beberapa pilihan. Pilih turn off default lighting. Default lighting itu jelek… no-no. Kita akan menggunakan natural light dari matahari. Setelah kita mengaktifkan default lighting, maka date and time slider akan aktif.

date_and_time_setting

Selanjutnya aktifkan bayangan. Ganti pengaturan dari no shadows ke full shadows.

shadows_setting

Seharusnya sekarang kita sudah bisa melihat bayangan matahari masuk ke dalam! Ubah jam dan tanggal jika perlu, sampai sesuai keinginan anda.

shadow_appearance

Menguji Lighting di Rendering

Kita akan melakukan pengujian terhadap lighting. Klik panah kecil di kanan bawah panel render untuk membuka palette advanced render settings.

advanced_render_setting

Di palette ini, ubah kualitas render menjadi medium. Lalu cari kategori indirect illumination. Klik bola lampu di sebelah indirect illumination untuk mengaktifkannya.

global_illumination

Indirect light memungkinkan kita melihat efek cahaya yang dipantulkan. Cobalah nanti anda bandingkan bagaimana hasilnya tanpa global illumination diaktifkan.

Cobalah render model tersebut.

initial_render

Hasil ini lumayan, meski belum bagus betul. Sekarang kita akan mengubah exposure lighting ini. Saya menambahkan brightness dan contrast agar efek cahaya tampak lebih menarik.

Klik adjust exposure untuk membuka dialog exposure.

adjust_render_exposure

Ubahlah brightness, contrast dan setting-setting lainnya sampai anda merasa efeknya cukup bagus. Preview akan diupdate segera setelah anda mengubah setting tersebut.

adjust_rendered_exposure_dialog

Sekarang coba lagi merender model tersebut. Jauh lebih baik bukan?

after_adjust_render_exposure

Nah, kalau anda tadi menyembunyikan objek-objek anda, coba tampilkan dan render sekali lagi!

lighting_final

Nah tantangan bagi anda: coba render model anda, boleh model ini atau model lain, dan upload agar dapat dilihat dan  dikomentari member lain. Anda boleh mempublishnya di blog anda, Flickr, Photobucket, foto album Facebook TentangCAD atau di mana saja yang dapat diakses orang!

Mudah saja bukan? Jangan lupa, kalau anda menyukai tutorial ini, klik ‘like this’ di bawah, tweet this, atau forward informasi ini ke teman-teman anda!

  • Musniansyah lubis

    Kok hasil render saya buram, gelap.
    Tapi puas banget terimakasih mas edwin.

  • taufik

    sip pak erwin

  • Edho D’Masiv

    thaks infonya pak

  • hasyim

    kalo ini gue harus bilang “wow”….. :-)

  • Sahidin Doank

    terima kasih gan untuk pengetahuannya,,,

  • achmad

    sangat hebat (y)

    kyak di Skecth Up Render’an.nya :D

  • Achmad Ilham Hidayatullah

    Kompor GAS , daaahhh ^_^