Autodesk Homestyler: Design your interiors online… for Free!

Akhir-akhir ini kita lihat semakin banyak aplikasi berbasis web diluncurkan. Beberapa diantaranya gratis (dengan limitasi ataupun memang gratis) dan beberapa lainnya merupakan service premium yang berbayar. Saya lihat beberapa aplikasi Autodesk sekarang juga berupa web based. Rasanya cukup mengesankan kita bisa membuat gambar CAD 2D ataupun 3D dengan aplikasi berbasis web!

Saya menguji Homestyler, dan cukup terkesan dengan kemampuannya. Juga banyaknya library produk-produk interior yang tersedia di sana. Dan semua produk tersebut memang ada di pasaran. Mungkin memang tujuannya seperti itu. Pihak manufaktur dapat beriklan di sana, dan pengguna bisa mencoba melihat furniture atau perangkat elektronik di rumahnya sebelum betul-betul membeli.

Silahkan coba juga aplikasinya di sini:

Autodesk_Home_Styler

http://www.homestyler.com/

Aplikasi ini sekarang gratis. Interfacenya cukup sederhana dan mudah digunakan. Cukup membangun ruang dengan tools yang ada di tab build, lalu menambahkan elemen lain di tab-tab lainnya. Cukup drag and drop!

Autodesk_Homestyler_interface

Yang menarik, teman-teman yang punya blog atau website bisa mengembed desainnya di sana. Selama CMS-nya mensupport iframe, hal ini bisa dilakukan. Di bawah ini sampel dari galery di Homestyler.

Anda juga bisa men-share desain tersebut lewat social media, seperti facebook dan twitter.

Ada juga pilihan untuk mengeksport desain ke file jpeg, AutoCAD, atau Revit. Sayangnya hasil export ke Revit tidak sebagus hasil di Homestyler, terutama untuk librarynya. Sepertinya diganti dengan bentuk yang mendekati.

Homestyler_export_to_Revit_result

Bagaimanapun, yang suka gratisan akan suka dengan software ini. Kita semua suka gratisan kan? ;)

Aplikasi web based lain dari from Autodesk

Bagi yang belum tahu, sebetulnya Autodesk punya beberapa aplikasi web based.

Autodesk Project Butterfly

Kita sudah pernah bahas soal ini sebelumnya. Ini bisa dikatakan versi simpel AutoCAD yang gratis. Kita bisa menggambar dan memodifikasi gambar DWG, meskipun menurut saya yang paling mengesankan dari aplikasi ini adalah sebagai collaboration tool. Kita bisa membuka satu gambar bersama-sama dan melakukan drawing dan markup.

Autodesk_Butterfly

http://butterfly.autodesk.com/

Autodesk Green Building Studio

Saya tidak terlalu familiar dengan bidang ini. Aplikasi ini tidak sepenuhnya gratis. Tapi bagi yang punya subscription aktif (hanya untuk beberapa aplikasi) bisa mendapatkan username secara gratis.

Aplikasi ini digunakan untuk menganalisa energi untuk seluruh bangunan.

Autodesk_Green_Building_Studio

http://www.autodesk.com/greenbuildingstudio

Aplikasi Web Based Lainnya

Apakah anda tahu aplikasi web based lain, yang berkaitan dengan CAD? Silahkan share di sini. Tidak harus dari Autodesk, dan boleh yang gratisan atau yang berbayar. Rasanya menarik melihat perkembangan aplikasi berbasis web ini.

Mungkin anda juga sudah coba Google Docs yang memungkinkan kita membuat dokumen online. Tapi melihat aplikasi CAD yang berbasis web rasanya berbeda.