Mengenal Fungsi OPERATORS Pada Autolisp

Apa sih “Operators”, yang pasti anda akan berpikiran lain, karena kata itu konotasinya lebih ke objek manusia, seperti operator mesin, radio atau yang lainnya. Tapi di program Autolisp kata “operator s” lebih menitik beratkan pada sejumlah fungsi matematis, diantaranya perkalian, penjumlahan, pembagian dan pengurangan serta yang lainnya.

Gambar 1. Sejumlah fungsi operators pada program Autolisp.

Yang biasa menjalankan atau menggunakan program VBA, kalau melihat fungsi operators di program Autolisp, selalu bilang bikin pusing ketika menjalankan perhitungan matematisnya, memang betul karena fungsi matematis di program VBA dengan di program Autolisp sangat beda, di program VBA kalau kita ingin membuat perkalian sebagai contoh sangat mudah, tapi kalau di program Autolisp bentuknya akan di balik, hal inilah yang kurang di sukai oleh programer yang biasa menjalankan VBA.

Gambar 2. Perbedaan bentuk perkalian antara VBA dan Autolisp.

Pada program Autolisp semua fungsi operators (tambah, bagi, perkalian dll) selalu di tempatkan di depan variablenya (angka), tapi kalau anda sudah biasa menjalankan program Autolisp, menemui hal itu bukan suatu masalah jadi prinsipnya tergantung kebiasaan anda program apa yang anda jalankan.

Contoh fungsi operator yang di gunakan.

Gambar 3. Fungsi tambah, kurang, kali dan bagi.

Gambar 4. Bentuk fungsi persamaan atau lebih besar, kecil dan lainnya.

Gambar 5. Bentuk bitwise serta penabahn/ pengurangan.