Mengenal Fungsi GETKWORD Pada Autolisp

Getkword adalah sebuah fungsi untuk memasukin data dengan di gabung fungsi initget dan di kontrol oleh batasan bit, artinya bila anda menggunakan fungsi ini, maka data yang akan di masukin sudah di set sedemikian rupa, bila memasukin data di luar batasan maka hasilnya akan “Invalid option keyword.”, biasanya fungsi getkword terlebih dahulu di ikuti oleh fungsi “initget”, fungsi ini akan mengontrol terhadap fungsi getkword, fungsi initget selalu di ikuti sebuah nilai bit, nilai bit dengan angka tertentu akan membatasi pemakai memasukin data di luar dari ketentuan initget tadi.


Gambar 1. Format utama dari fungsi getkword.


Gambar 2. Fungsi getkword yang di ikuti oleh fungsi initget.

Nilai bits dengan ketentuannya.

Kode bit akan mengijinkan atau tidak mengijinkan terhadap pemakai ketika memasukin input data, bit bisa ditambahkan bersama yang lain untuk mendapatkan nilai kombinasi dari mulai nilai 0 s/d 255, jika nilai bit tidak di sertakan asumsinya tanpa kondisi.

1 (bit 0)  Mencegah pemakai menekan tombol enter.

2 (bit 1)  Mencegah pemakai menekan tombol nol.

4 (bit 2)  Mencegah pemakai memasukan nilai negatif.

8 (bit 3)  Mengijinkan ke pemakai untuk memasukan sebuah titik di luar batasan gambar, kondisi bisa di pergunakan untuk fungsi pemasukan yang akan datang dari pemakai, jika variable “limcheck” di set ke yang berlaku.

16 (bit 4)  tidak di gunakan.

32 (bit 5)  Menggunakan garis dashed ketika menggambar sebuah garis rubber band atau kotak, Untuk itu fungsi ini pemakai dapat memilih sebuah titik yang terpilih lokasinya di area gambar, nilai bit ini menyebabkan garis rubber band atau kotak menjadi dashed sebagai pengganti solid. (beberapa tampilan drivers di gunakan khusus membedakan warna sebagai pengganti garis dashed, jika systim variable POPUPS adalah 0, AutoCAD akan mengabaikan bit itu.

64 (bit 6)  Melarang memasukan input kordinat Z pada fungsi getdist, sebuah aplikasi akan menjamin fungsi ini kembali ke nilai 2D.

128 (bit 7)  Mengijinkan bebas data input jika itu sebagai kunci kata, sebagai penghotmatan terhadap kontrol bit yang lain dan kata kunci yang terdaftar. Bit ini lebih di utamakan di atas bit 0, jika bit 7 dan 0 di set maka pemakai cukup tekan tombol enter, maka akan di hasilkan sebuah kalimat batal.

 

 

CATATAN : Masa yang akan datang atau ke depannya versi Autolisp mungkin akan menggunakan initget kontrol bit, untuk mencegah setting yang tidak terdaftar.

 

Contoh fungsi getkword dengan fungsi initget dan fungsi lainnya.


Gambar 3. Fungsi getkword di gabung dengan fungsi lain.

 

Contoh lain


Gambar 4. Fungsi initget dengan nilai kode 1.







  • deddi

    apakah setting an mirror pada block sudah ada perubahan. Jadi kalau kita mirror pada object block yang ada text nya didalam , maka tulisannya tidak termirror juga. Apakah feature ini sudah ada..

  • Adi

    Kalau di Indonesia kita mengadopsi standar yg mana? kayaknya SNI blm ada ya