AutoCAD 2011: Fitur Pengembangan 2D Drafting Lainnya

Kita sudah lihat ada tambahan item baru di contextual menu AutoCAD 2011: polyline. Ada 3 item lagi di contextual menu. Karena adanya di sana, mungkin yang sudah mencoba gak ‘ngeh’ dengan adanya tools baru ini. Ketiganya adalah: select similar, add selected, dan isolate. Bagi yang sudah menggunakan aplikasi vertikal seperti AutoCAD Architecture dan Civil 3D, mungkin sudah kenal dengan tools ini. Di Revit kita juga punya tools yang serupa.

Meski begitu… senang akhirnya punya ketiganya di vanilla AutoCAD!

AutoCAD_2011_additional_contextual_menu

Select Similar

Select similar akan memilih semua object dengan properti yang sama. Seberapa sama… anda bisa tentukan sendiri. Secara default, AutoCAD akan memilih object dengan tipe dan layer yang sama. Untuk menggantinya, ketikkan SELECTSIMILAR [enter]. Anda dapat membuka dialog settings untuk mengubah settingnya.

AutoCAD_2011_select_similar_settings

Tool ini dapat diaktifkan dengan noun-verb atau verb-noun selection.

Ini jauh lebih mudah daripada QSELECT atau FILTER. Meski tentu ada keterbatasannya.

Add Selected

Fitur ini juga sudah ada di aplikasi vertikal sejak lama. Kita bisa memilih satu objek, klik kanan, pilih add selected. AutoCAD akan mengaktifkan tool untuk membuat objek yang sama, dengan properti yang sama pula! Jadi gak perlu ganti-ganti layer, atau mencari nama block.

Isolate

Dulu satu-satunya cara untuk menyembunyikan objek hanya dengan layer management. Ini cara yang paling disarankan. Namun ada kalanya kita butuh untuk menyembunyikan objek yang ada di layer yang sama. Isolate merupakan tool yang paling pas untuk kondisi ini.

  1. Isolate akan menyembunyikan semua objek kecuali yang anda pilih.
  2. Hide akan menyembunyikan objek yang anda pilih
  3. End object isolation akan membatalkan semua di atas.

AutoCAD_2011_Isolate_objects_menu

Selection Cycling

Bagaimana cara memilih objek yang bertumpuk di AutoCAD? Dulu object selection cycling dilakukan dengan menahan [ctrl] dan mengklik mouse. Belakangan berubah menjadi [shift] + [tab]. Nah sekarang ada cara tambahan yang lebih mudah. Kita bisa menggunakan selection cycling.

Jika belum aktif, kita dapat mengaktifkannya dengan mengklik tombolnya di kelompok drafting tools.

AutoCAD_2011__Selection_cycling_toggle

Kira-kira beginilah fitur ini bekerja.

[kml_flashembed publishmethod="static" fversion="8.0.0" movie="http://cad-notes.com/wp-content/uploads/2010/04/Object_Selection_Cycling.swf" width="375" height="345" targetclass="flashmovie"]

Get Adobe Flash player

[/kml_flashembed]

Perubahan Interface

Seperti biasa, cukup banyak perubahan ‘look and feel’ di AutoCAD 2011. Namun rasanya tidak ada yang cukup signifikan dari fungsionalitasnya. Perubahannya juga cukup jelas, rasanya anda bisa langsung merasakan bedanya.

Jadi kita lewati saja yang ini. Selanjutnya perubahan di fitur 3D…

  • http://pebrialsen.blogspot.com/ pebrialsen

    Nice Info kk . . .