Mengenal Fungsi Foreach Pada Autolisp

Arti dari foreach adalah mengevaluasi tiap data dari sebuah kumpulan data, memang khususnya bagi pemula pasti agak sedikit membingungkan, tapi apabila anda sudah paham pasti fungsi ini banyak sekali di gunakan , foreach adalah salah satu fungsi favorite penulis.

Lihat di bawah ini adalah fungsi foreach dalam bentuk format utama, “x” adalah mengekspresikan data yang harus diolah terlebih dahulu dari kumpulan data yang berada pada “lst”, tanda “x” bisa anda ganti dengan istilah lain sesuka anda, “lst” adalah sekelompok kumpulan data, data bisa berupa angka maupun huruf, contoh (setq lst ‘(1 1.4 1,7 2 3,9)), dan “pt” adalah mengekspresikan lokasi kordinat, umpamanya (setq pt ‘(0 0 0)). Dan fungsi “(command “_circle” pt x)” adalah salah satu contoh ekpresi perintah, anda boleh ganti dengan fungsi lain tergantung kebutuhan anda sendiri.

Bagaimana cara kerja foreach, saya akan jelaskan lebih rinci, foreach akan mendeteksi data yang berada pada “lst”, kemudian diaplikasikan pada perintah command, membuat sebuah lingkaran pada kordinat “pt” dengan diameter daftar pertama dari “lst” yaitu dengan nilai 1, dilanjutkan untuk daftar kedua dari “lst” dengan nilai 1.4, terus sampai daftar habis.

Gambar 1. Bentuk format utama dari fungsi foreach.

Mari kita lihat aplikasi fungsi foreach, lihat dibawah ini

Gambar 2. Fungsi foreach diaplikasikan denga diameter lingkaran.

Fungsi foreach di gabung dengan fungsi if dan tblsearch, jadi foreach bisa di gabung dengan fungsi lain, tergantung dari kebutuhan program yang yang anda buat.

Gambar 3. Fungsi foreach di gabung dengan fungsi if dan tblsearch.

Gambar 4. Fungsi foreach ketika membuat huruf berjajar ke bawah.







  • ndank riaji

    Mas saya mau tanya … kalo merubah proyeksi 3d ke 2d …gimana yah ?comand apa yg sibutuhkqn