Mengenal Fungsi “Error Handle” Pada Autolisp

Mungkin untuk sebagian programer pemula masih asing dengan istilah ini, apa sih itu “Error Handle”, yang pasti kata error pasti konotasinya adalah “salah”, memang betul arahnya kesana tapi pengertian di program Autolisp adalah melakukan set ulang atau mengembalikan seting kembali ketika sebuah program terjadi kekeliruan atau pembatalan. Sebagai contoh seandainya anda sebagai programer membuat sebuah program, yang banyak membuat seting variable dengan nilai tertentu, tetapi program anda tidak memakai fungsi error handle, ketika program yang anda jalankan di batalkan ( anda pijit tombol esc), maka nilai variable yang telah di set oleh program anda harus di kembalikan nilainya ke nilai semula secara manual. Nah sekarang masalahnya bagaimana kalau seting variable tersebut bukan cuma satu tapi ada puluhan, yang pasti anda akan berkata “Huh………….gua di kerjaian program”.

Dengan fungsi error handle masalah di atas akan di atasi dengan mudah, anda tidak perlu hawatir seting variable akan kembali ke seting awal. Dibawah ini di perlihatkan bentuk error handle, yang di buat terpisah dari program induk, di jadikan sub program.

Gambar 1. Memperlihatkan sebuah format error handle.

Bagaimana cara kerja error handle pada program Autolisp, adalah sebagai berikut terlebih dulu amati oleh anda program di bawah ini.

Gambar 2. Sebuah contoh program sederhana yang di lengkapi error handle.

Ketika variable “xxx” di set ke nilai 0 dan variable “yyy” di set ke nilai 1, maka secara otomatis fungsi error merekam dan mencatat perubahan tersebut, ketika anda memijit tombol “esc” fungsi error handle akan bekerja dan mengembalikan variable yang telah di set tadi ke nilai awal, lihat fungsi “(setvar “xxx” om)” dan “(setvar “yyy” otm)” pada sub program error handle.

Mari kita lihat dan coba error handle secara praktek, ini menunjukan setting awal dua buah variable

Gambar 3. Variable ltscale dan filletrad masih dalam keadaan default.

Berikut program yang akan merubah seting pada gambar 1 ke nilai tertentu.

Gambar 4. Sebuah program yang akan memperlihatkan error handle bekerja.

Pertama anda lakukan agar fungsi error tidak berfungsi, tambahkan tanda ini “;” di depan “(setq *error* myer)” dan “(setq *error* nil)”, kemudian jalankan program tersebut maka hasilnya seperti ini.

Gambar 5. Perubahan nilai variable ketika fungsi error tidak aktif.

Sekarang lihat hasilnya ketika error handle di aktifkan

Gamabar 6. Error handle bekerja dengan baik