AutoCAD 2011: Hatch Enhancement

AutoCAD 2011 sudah datang! Secara umum, tidak ada fitur baru, namun pengembangan fitur yang ada cukup baik. Pendeknya, sebetulnya kita bisa melakukan hampir semua yang bisa dilakukan di AutoCAD 2011 untuk drafting. Kecuali ada tambahan attribute transparency.

Saya akan menulis update fitur-fitur baru AutoCAD 2011 dalam beberapa tulisan terpisah. Di tulisan kali ini, kita akan melihat sedikit perkembangan hatch.

Saya Suka Ribbon!

Ribbon interface terbukti semakin berguna. Bagi anda yang membenci ribbon mungkin sudah saatnya mencoba menggunakannya. Saat anda mengaktifkan hatch, anda akan melihat AutoCAD 2011 membuka contextual tab: hatch creation. Semua pilihan yang dulu ada di kotak dialog hatch ada di sini. Tentu saja dengan tambahan hatch transparency, fitur baru di AutoCAD 2011.

AutoCAD_2011_Hatch_Contextual_Tab

Meskipun menurut saya ini jauh lebih baik daripada kotak dialog yang lama, anda tetap bisa membuka dialog tersebut. Atau tentu saja kalau anda menggunakan classic interface, anda tidak akan melihat tab ini. Pilih SeTtings untuk menampilkan dialog tersebut.

AutoCAD_2011__Hatch_Settings

Dengan ribbon interface, anda sekarang dapat tetap mengakses area drawing tanpa terganggu oleh kotak dialog. Sekarang anda dapat melihat live preview dari hatch sebelum dibuat. Jadi bisa mengubah properties lebih dulu jika belum sesuai keinginan. Lihat animasi di bawah untuk jelasnya.

Control Grip

Sekarang kita juga dapat memodifikasi hatch secara grafis, tidak perlu mencoba-coba mengubah nilai dari dialog box. Ketika kita memilih hatch, AutoCAD 2011 akan menunjukkan nama tab ‘hatch editor’. Kita dapat mengubah parameter dari AutoCAD 2011 ribbon, tapi kita juga bisa mengedit secara grafis.

Gerakkan pointer anda ke atas control grip. Control grip ini berupa lingkaran biru di tengah-tengah hatch.

AutoCAD_2011__hatch_control_grip

Tunggu beberapa saat, maka control grip akan berubah jadi merah. AutoCAD 2011 akan menunjukkan beberapa pilihan untuk modifikasi. Pilih salah satu atau klik saja control grip tersebut.

AutoCAD_2011_hatch_control_grip_options

Anda dapat berpindah-pindah dari satu option ke option lain dengan menekan [ctrl]. Rasanya ini juga baru di AutoCAD 2011. Karena dulu ‘cycle’ antara option ini juga belum ada.

AutoCAD_2011__cycling_between_available_options

Berikut animasi bagaimana membuat hatch dan memodifikasinya secara grafis.

[kml_flashembed publishmethod=”static” fversion=”8.0.0″ movie=”http://cad-notes.com/wp-content/uploads/2010/03/Hatch_editing.swf” width=”430″ height=”335″ targetclass=”flashmovie”]

Get Adobe Flash player

[/kml_flashembed]

Bagaimana menurut anda pengembangan hatch ini? Apakah anda menyukainya?

  • Pither Rukka

    Mantap…bagaimana dengan customizenya, apakah semakin mudah atau ada perubahan…

    • Edo

      Untuk customizing blom ada perubahan. Di 2011 yang paling dominan di 3D-nya, tapi ada enhancement yang lumayan menarik di 2D drafting.

  • abdul sofi

    haduh….susah nya jadi newbie….’
    kasih tau donk caranya bikin hatch….ato klo ada yg punya downloadanya…kirim ke email aku ea….

  • ufi

    ufi_aoyama@yahoo.com
    kasih saran yang bisa ngasih hatch costum…ya

  • Agung Firmansyah

    Bang edo autocad 2011 ada downloadtannya ga? saya nyari di ratu plaza katanya blok nongol… hiks hiks please bang edo…

  • nanang a

    bagus juga sih cuman ada gk fitur untuk constrain yang hanya ada di auto cad 2010 dan 2011,
    pengin tau aja bagaimana cara kerjanya aja

    thanks.