Mengenal Altium

Altium??? Apaan tuh?

Altium merupakan tools untuk electronic design yang dulunya dikenal sebagai Protel, mungkin kalangan dari electronic engineering akan lebih mengetahui nama ini dikarenakan tool ini dapat dengan mudah dicari bajakannya waktu itu, terus apa yang terjadi dengan Protel? Disini saya akan menceritakan sedikit background dari kehilangan nama itu dan dimana era Altium itu dimulai.

Protel dikenalkan pertama kali ditahun 1985 di IBM system. Sejak dulu nama Altium itu sudah nyantol dibelakang namanya Protel ini hanya saja kita tidak pernah menyadarinya soalnya yang kita beli itu biasanya bajakan, mana perduli.. Ditahun 1991, mereka memperkenalkan windows based PCB design software sebelum Microsoft Windows menjadi standard dari sebuah PC. Ditahun 1998, mereka mengeluarkan versi Protel 98 dan ditahun 1999, dirilislah Protel’99, versi inilah yang banyak dikenal oleh kalangan elektronika engineering di Indonesia dikarenakan oleh adanya Millenium bug, ingat ketika diberitakan bahwa semua product harus millenium bug compatible? Pada saat itu, Protel adalah satu-satunya PCB design software yang memiliki sertifikasi Millenium bug free.

Ditahun 2001, mereka menjadi listed company di Australia, sejak saat itulah nama Protel diubah menjadi Altium. Ditahun 2002, mereka mengeluarkan Protel versi 2002 dengan nama Altium Protel DXP 2002, versi ini bisa dibilang merupakan product gagal dari Altium dikarenakan diplatform inilah mereka mulai bermigrasi ke platform yang lebih user-friendly akan tetapi mempunyai banyak bug, Altium DXP 2004 kemudian direlease untuk menutupi kegagalan dari versi 2002 itu, pada akhir tahun 2005, Altium Designer 06 diperkenalkan dan merupakan versi terlama dari Altium melakukan banyak inovasi di versi ini, patchnya ada dari versi 6.0 sampai 6.9. Ditahun 2008, mereka mulai memperkenalkan sistem baru yaitu pergantian versi setiap setengah tahun, sejak itu dimulailah versi Altium summer dan Altium winter.

Sekian tentang background dari product ini..saya akan membahas lebih lanjut mengenai Altium ini diforum www.tentangcad.com supaya teman-teman sekalian bisa mendapatkan ilmu lebih selagi saya masih kerja untuk distributor Altium ini. Semoga bermanfaat.

Mengenai penulis:

Wadi Chan adalah senior sales dan application engineer dari produk Altium, PCB Graphtech Pte Ltd

Berikut kualifikasi penulis:
Occupation : Senior Sales and Application engineer for PCB Graphtech Pte Ltd
Expert on : Altium Designer software from version 6.9 till now as I’m the distributor for this software.
CST for 3D EMC/EMI simulation to get perform the test of the structures virtually.
Date of Birth : 21 March 1983
location : Singapore and Jakarta.