Membuat Icon Toolbar

Bila kita ingin membuat sebuah atau beberapa ikon tool bar, dimana pada Autocad belum ada, anda ingin melengkapi yang belum ada atau kita berkeinginan berkreasi, cobalah ikuti urutan petujuk di bawah ini, mudah-mudahan bermanfaat buat anda.


Gambar 1.Menu yang dipilih menu toolbar.

Setelah anda memilih menu tool bar, dialog berikutnya akan muncul, seperti di perlihatkan pada gambar 2. Dan pilih new.


Gambar 2. Dialog kostumisasi.

Begitu tombol new di pilih akan muncul lagi dialog ini


Gambar 3. Untuk menentukan nama tool bar.

Beri nama tool bar tersebut, serta masukin nama kelompoknya, ketika itu juga akan muncul sebuah tool bar kondisi kosong.


Gambar 4. Memperlihatkan sebuah tool bar kosong.

Arahkan kursor anda kesalah satu ikon tool bar yang ada, pilih salah satu dan sambil tekan tombol “Ctrl” , geser dan pindahkan ke kotak yang tadi dibuat.


Gambar 5. Ikon kosong setelah di isi dengan ikon subtract.

Kemudian tekan tombol properties dan tekan lagi tombol yang anda buat tadi, maka pada bidang properties akan timbul keterangan beserta tombol edit.pada kolom name di isi sesuai keinginan anda dan pada kolom description di isi dengan uraian lebih lengkap.

 


Gambar 6. Tampak area properties telah terisi.

Pada kolom macro rubah sintak subtract ke ikon yang anda buat, lanjutkan tekan tombol edit selanjutnya akan muncul editor button.


Gambar 7. Dialog editor untuk merubah ikon.

Kolom grid harap di centang untuk memudahkan menggambar, pilih warna sesuai selera, di klik lagi kotak paling atas pilih yang paling kanan yang berfungsi sebagai penghapus, setelah di hapus pilih lagi kotak paling kiri yang berguna untuk menggambar, isilah tiap kotak kecil dengan cara mengklik.


Gambar 8. Isilah tiap kotak untuk membentuk panah.

Setelah selesai mengedit dilanjutkan dengan tekan tombol save as.


Gambar 9. Lokasi file ikon baru.

Beri nama “Arrow” pada kolom file name, terus tekan tombol save dan di lanjutkan tekan tombol close.


Gambar 10. Lakukan perubahan seperti yang diperlihatkan gambar diatas.

Di kolom name ganti dengan “Arrow” dan di kolom description ganti dengan “Create a arrow” serta di kolom macro ganti pula dengan arrow, lanjutkan tekan tombol apply.


Gambar 11. Setelah tombol apply di pilih

Setelah tombol apply anda tekan, lihat perubahan pada tool bar yang anda buat tadi, lanjutkan dengan tekan tombol close untuk mengakhirinya.

Tombol yang anda buat tadi ternyata belum bisa di gunakan, coba saja tapi jangan hawatir masih akan kita lanjutkan, supaya tidak terjadi komplik bukalah window explorer anda cari file “Acad.mns”.


Gambar 12. Lokasi file acad.mns di letakan.

Kopi file tersebut dan simpan di folder yang anda inginkan ganti nama file tersebut, sebagai contoh file tsb rubah jadi “Adesu 2005.mns”, kalau masih bingung mencari ikuti petunjuk di bawah ini


Gambar 13. Lokasi file acad.mns melalui options.

Arahkan kursor anda ke menu tool > options > files > menu, di klik 2x maka akan terlihat lokasi file tersebut.

Pada command prompt ketik menu dan muncul dialog ini, cari file acad.mns yang anda kopi tsb, setelah ketemu di klik open.


Gambar 14. Lokasi file yang anda rubah.

Perubahan akan terjadi ke menu yang anda kopi tersebut, tool bar baru akan berada di tengah area gambar, ketik lagi di command prompt “vlide” setelah editor autolisp terbuka dengan bantuan tombol open cari file acad.mns tadi yang anda rubah dan cari


Gambar 15. Lokasi toolbar1 di menu baru.

Sekarang beralih sesi, pada editor autolisp di klik ikon new, buatlah kode lisp seperti ini setelah selesai di save, lokasi folder terserah anda.

 


Gambar 16. Sebuah kode lisp sederhana.

Sekarang beralih lagi ke file seperti yang ditunjukkan gambar 15, buka lagi file acad.mns yang anda rubah tadi, dan ganti menjadi seperti ini


Gambar 17. Tampak gambar yang terpotong di sambung ke gambar 18


Gambar 18. Sambungan dari gambar 17

Setelah selesai di rubah kemudian di save, harap anda tutup program autocad dan editor lispnya anda, kemudian buka lagi program autocad anda, tapi jangan kaget kalau tool bar yang anda buat tadi berubah menjadi kosong, lakukan dan munculkan dialog box seperti pada gambar 10, terus di klik tombol yang kosong tadi tampilan akan berubah lagi, pilih edit > open dan cari nama file untuk tombol itu > open > save > close > apply >close.

Coba anda klik tombol yang anda buat tadi,gimana hasilnya?.

  • http://rizki-cp.site90.net rizkicp

    wah, pak adesu akhirnya kembali lagi….
    nice artikel…

    gimana pak kabarnya..???

    • http://cadesu.multiply.com Adesu

      Terima kasih dan dalam keadaan baik.

  • is edi

    pak..? gimana membuat “macro” untuk mempersingkat comand dari insert>block>nama block. saya coba macro “^C^C_insert_block d:meja” maksudnya kita pengin buka block namanya meja simpan file di drive d, tp gak fungsi