Membuat Gambar Dengan File Xref

Menggambar di Autocad kalau kita kurang trik, memori gambar bisa sangat besar apalagi bila anda menggambar bentuk 3D, dengan memori besar akan sangat berpengaruh pada aktivitas saat anda menjalankannya. Ada cara untu k berusaha mempertahankan supaya memori gambar tidak terlalu besar, pertama gunakan sistim “Xref” dan kedua gunakan sistim block, saya akan coba membahas sistim xref dan mungkin untuk para pemula belum mengerti apa itu xref, xref (external references) adalah suatu file yang tersimpan terpisah dari gambar induk, sebagai ilustrasi gambar induk adalah sebuah gambar mobil, yang tentu saja gambar mobil tersebut sangat banyak membutuhkan gambar part atau komponen, seperti ban, pelek, pentil, kaca spion, mesin, radiator dll. Gambar induk akan memakai atau mendatangkan gambar komponen atau part dari file yang terpisah, yaitu file xref dimana lokasi penyimpanannya terpisah dari file induk.

Langkah pertama anda buat dulu gambar partnya/komponen, simpan di file tersendiri atau folder khusus , kita akan coba gambar besi siku

Gambar 1. Gambar besi siku dengan ukuran sembarang

Kemudian gambar lagi seperti ini atau terserah anda gambar apa saja, bisa pula anda manfaatkan gambar anda yang ada.

Gambar 2. Gambar besi UNP dengan ukuran sembarang pula.

Penulis hanya akan menyajikan dua contoh saja gambar dari komponen, sekarang anda buat untuk di gambar induk, klik ikon “Qnew” setelah terbuka pada command prompt ketik “xref” beberapa saat kemudian akan muncul dialog box seperti di bawah ini

Gambar 3. Gambar dialog xref .

Amati dialog tersebut pada pojok kanan atas ada tombol “Attach” di klik tombol tsb, dan akan muncul lagi dialog box seperti di bawah ini, kemudian anda cari dimana lokasi file komponen yang anda simpan.

Gambar 4. Gambar tempat lokasi file referensi berada.

Di klik nama file yang berada di kotak,kotak “file name” harus terisi sesuai yang anda pilih, lanjutkan klik tombol open selanjutnya akan muncul lagi dialog box.

Gambar 5. Dialog box untuk external referensi.

Lakukan klik “OK” seketika itu pula dialog box akan hilang, tapi muncul pada kursor di area gambar Autocad anda sebuah gambar yang anda pilih tadi, silahkan anda letakkan sesuai keinginan anda, setelah gambar tadi diletakkan ulangi dengan cara ketik xref, begitu seterusnya tergantung berapa gambar yang akan anda sisipkan pada gambar induk tadi.

Setelah anda selesai menyisipkan semua gambar komponen, jangan lupa file yang anda buat segera di save sebagai file induk.

  • jumryanti.j

    tugas autocad

  • indro

    saya ada problem, ketika xref sudah di attached, kemudian dihapus,
    kemudian saya mau insert block lagi dengan nama yang sama ternyata tidak mau. Kenapa bisa begitu?, atau ini cuman bugs?

    • Ardyan Syafaat

      ketik PU (purge), agar nama sampah tersebut hilang

  • Rudy

    saya punya masalah yang belum terpecahkan, setiap kali saya menyimpan file Cad yang terdiri dari beberapa file xreff dan akan membukanya kembali akan memerlukan waktu yang cukup lama, kenapa bisa lama ?

    • Ardyan Syafaat

      Itu berarti mas harus save as ulang gambar induk xref nya, karena
      terdapat excess scale pada gambar induk tersebut, (kelemahan xref)

  • Guest

    @ RUDY , Itu berarti mas harus save as ulang gambar induk xref nya, karena terdapat excess scale pada gambar induk tersebut, (kelemahan xref)

  • Ardyan Syafaat

    saya ada kendala gan , barangkali anda bisa membantu saya,

    gambar saya (hasil dari xref) ketika dikirim lewat email, apakah harus disertakan induknya, dan pada akhirnya harus di update ulang,?
    adakah cara terbaik selain update ulang

    • http://cad-notes.com Edwin Prakoso

      Tentu saja harus dengan induknya. Coba gunakan e-transmit agar tidak ada file yg tertinggal.

  • rayon parmandari

    saya punyagambar xref, supaya gambar tersebut bisa jadi kesatuan yg komplit gimana ya?
    supaya bisa saya hitung volumenya?

  • algi

    permisis saya mau tanaya..
    saya pake printah xref tuh,,tapi stelah saya mau prin di privew ternyata ada beberapa gambar yang rida ke prin padahal smua layer on..knapa yah..mohon pencerahan nya…