Section Plane pada AutoCAD

sectionplane

Pada AutoCAD 2007 keatas kita bisa membuat section plane untuk membuat potongan pada objek 3D dengan cukup mudah. Bahkan kita bisa menggeser bidang potong yang kita buat, atau istilahnya ‘Live Section’

sectionplaneicon

Untuk membuat section plane klik saja pada icon ‘Section Plane’ atau ketikan ‘SECTIONPLANE. Kemudian pilih titik acuan yang akan digunakan sebagai bidang potong. Pada gambar contoh berikut yang digunakan sebagai titik acuannya adalah dua titik pusat pada lubang.

sectionplane1

Untuk mengaktifkan Live Section klik pada section plane yang sudah kita buat, kemudian klik kanan untuk menampilkan context menu. Pilih Activate live sectioning.

activatelivesec

Kita bisa menggeser langsung section plane yang kita buat atau merubah arah pandang potongan dengan mengklik pada grip yang ada sehingga kita bisa mendapatkan potongan sesuai keinginan kita. Dari context menu pun kita bisa pilih untuk menampilkan geometri yang terpotong dengan memilih ‘Show cut-away geometry’.

sectionplane2

Kita pun bisa membuat gambar potongan 2D maupun 3D berdasarkan section plane tersebut dengan memilih ‘Generate 2D/3D section.

generatesect

Untuk mengatur potongan yang kita buat, seperti jenis garis, arsiran, hidden line, kita bisa mengaturnya melaluiĀ  ‘section settings’ dengan memilih ‘Live section settings..’ pada context menu.

section2d

Cobalah atur parameter-parameter yang ada pada section settings ini untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Cara lain membuat potongan

Kita bisa membuat potongan langsung dengan perintah SECTION

Command: SECTION
Select objects: 1 found [pilih objek yang akan dipotong]
Select objects: [enter]
Specify first point on Section plane by [Object/Zaxis/View/XY/YZ/ZX/3points] <3points>: [tentukan bidang potong]

Dengan perintah ini, potongan yang kita buat masih perada pada bidang potong. Selanjutnya kita gunakan perintah MOVE untuk memindahkan potongan yang kita buat.

sectionmove

Selamat mecoba, semoga bermanfaat

~igun~