Tutorial Membuat Block Table

Berikut adalah tutorial yang menggunakan parametric design pada block. Sebagai ilustrasi, kita akan membuat sebuah block sederhana berupa gambar kotak atau kolom seperti pada gambar.

dyn-block-tab

Dengan membuat block table kita dapat dengan mudah menentukan ukuran kolom hanya dengan mengklik pada grip berbentuk segitiga.

Mulailah dengan membuat sebuah rectangle atau kotak sembarang. Buatlah block dari rectangle tersebut. Beri nama ‘kolom’ untuk nama block.  (Cara membuat block bisa dilihat pada artikel-artikel sebelumnya misalnya “Mengenal Block” atau “Menggunakan dan Mengedit Block“)

Masuklah ke block editor. Buat attribute definition (ATTDEF) seperti berikut:

attdef

Tempatkan attribute disamping gambar kolom yang kita buat.

attdef2

Masih pada Block Editor, selanjutnya kita mulai memberikan contraint pada gambar kita. Untuk mempermudah, gunakan Auto Constraint pada panel Geometric.

auto-cons

Pilihlah gambar kolom.

Kemudian buatlah parameter pada Parameters Manager dengan nama ‘panjang’ dan ‘lebar’ masukan nilai 200 pada kolom expression. Kemudian berikan Dimensional Constraint pada gambar kita dengan d1= panjang dan d2=lebar. masukan 1 untuk jumlah grip pada setiap dimensi. (Bagaimana membuat parameter dan dimensional constraint dapat dilihat pada artikel ‘Dimension Constraint pada AutoCAD 2010‘)

Gambar kita akan tampak seperti berikut:

block-dim

param-man

Selanjutnya kita akan membuat block table.

Masih pada tab Block Editor, pada panel dimensional klik pada icon’ Block Table”, klik pada kanan atas gambar untuk penempatan grip table dan masukan 1 untuk jumlah grip, kemudian block properties tabel akan tampil. Klik pada tombol ‘Add properties which appear as columns in the table‘. Pilih nama UKURAN, pajang dan lebar.

addparam

Kemudian klik OK. Maka sekarang pada block properties table kita memiliki tiga kolom yaitu UKURAN, panjang dan lebar. Masukan input pada masing-masing kolom seperti pada gambar berikut:

block-prop-tab

Bila sudah selesai, klik OK maka block table kita telah selesai dibuat. Lakukan test pada block kita.

Klik pada ‘Test Block’ yang ada pada panel ‘Open/Save’. Bila sudah sesuai keinginan kita maka simpan lah block yang sudah kita buat, keluar dari Block Editor dan simpan file untuk kita gunakan block pada gambar lain.

dyn-block-tab

Seperti pada block lainnya, kita bisa menambahkan variasi misalnya dengan hatch seperti berikut:

blocktable

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

~igun~

  • AGUS

    BAGAIMAN CARA MEMBUAT ATTDEF CONTOH LINGKARAN, GARIS DAN HURUF SEMUA BLOK DAPAT DIEDIT HANYA DIHURUF SAJA

  • Herie

    mas Sy baru mengenal CAD jd gmn y?????pingin bisa eunk bantu dong cara nya ????Thanks

    • silahkan ikuti tutorial2 yg ada disini. bila ada kesulitan atau pertanyaan, jgn sungkan utk layangkan pertanyaan. ditunggu pertanyaannya. maaf kalau terlambat jawabnya.

  • saya mau tanya mas, parametric di ataskan cuma bisa melebar ke kanan atau ke kiri saja, bagaimana caranya kalau melebarnya ke kanan dan ke kiri secara seimbang?
    terimakasih sebelumnya mas!

  • arif febrianto

    saya dikantor menggunakan auto cad 2010 LT.. kenapa tidak ada dimensi
    constrain..?? kalau tidak ada bagaimana cara membuat block tablenya..?

    terima kasih mohon bantuaanya.

    • Ardyan Syafaat

      memang tidak ada mas, fasilitas AutocadLT sangatlah terbatas dan masih banyak kekurangan…