Status pada Sketch

(Screen shot menggunakan SolidWorks 2009).

Sketch pada umumnya berada pada salah satu keadan berikut

  • Under defined
  • Fully defined
  • Over defined

Status sketch akan muncul di Window status bar ( pojok kanan bawah).

Warna pada sketch menandakan status/keadaan masing-masing satuan sketch.

 

Under defined; saat kita memulai sebuah sketch. Kita dapat menarik salah satu entitas sketch untuk merubah bentuk atau posisinya. Pada kotak dibawah ini, garis hitam di bawah dan di kiri menempel pada titik Origin, tetapi kita dapat menarik garis di atas dan di kiri, warna biru menandakan garis tidak fix.

 

 

 

Fully Defined; menambahkan ukuran di garis atas dan kanan akan memberi ukuran yang fix pada kotak, karena kedua ukuran tersebut juga mewakili ukuran ruas garis yang lainnya (kiri dan bawah). Semua satuan sketch akan berubah menjadi hitam yang berarti fully defined.

 

Over Defined; ukuran yang berlebihan akan membuat sebuah sketch over defined. Memberi 2 ukuran pada geometri yang sama adalah tidak sah. Sebuah kotak dialog akan muncul saat kita memberi ukuran berlebihan. Kita di minta memilih ukuran ini sebagai driven(pengikut) atau driving(penentu).

Jika kita memilih driven lalu klik OK, akan nampak seperti gambar di bawah ini.

Driven dimension tidak dapat di ubah, jika kita klik ganda pada ukuran 40 (abu-abu), akan keluar pemberitahuan sebagai berikut.

Sebaliknya, jika dalam kasus seperti gambar di bawah ini, dimana kita ingin memberi sudut antara garis kanan dan garis bawah, dan kita memilih sebagai ukuran driving, klik OK

Akan keluar pemberitahuan Over defined di Window status bar. Ada 2 ruas garis yang konflik (warna kuning), tetapi tidak ada yang Unsolvable (warna merah).

Jika kita klik ganda tulisan merah Over Defined, akan muncul SketchXpert property manager
untuk mengatasi masalah over defined ini.

Untuk melihat semua hubungan (relations) yang salah, klik Manual Repair. Ada 3 entitas yang konflik,

Kita bisa memilih salah satu, kemudian klik delete untuk membuang relation atau dimension yang salah. Klik Ok untuk keluar dari property manager.

Atau bisa juga klik Diagnose, akan muncul urutan solusi yang akan di tawarkan oleh SolidWorks untuk memecahkan masalah Over Difined tersebut. Klik Accept untuk menerima salah satu solusi.

Sekarang Sketch menemukan solusi yang valid. Klik OK untuk keluar.

Dan window status bar akan merubah menjadi Fully Defined

 

Ukuran (Dimension) dan hubungan (relation) adalah 2 macam Pembatas (constraints). Kita dapat menentukan sketch dengan salah satu atau keduanya.

 

Meskipun kita dapat ,membuat feature dengan Sketch yang tidak fully defined, tetapi di sarankan untuk membuat sketch fully defined untuk model produksi. Jika Sketch dalam keadaan fully defined, perubahan akan dapat di perkirakan.Untuk keperluan Manufacture, semua sketch harus Fully defined.

—-

Profil Penulis:

Agus Fikri Rosjadi, mempunyai pengalaman kerja sebagai teknisi dan drafter di berbagai perusahaan international di Cikarang, Batam dan Semarang.

Aktif menulis tutorial tentang mechanical computer aided design di blog nya http://agus-fikri.blogspot.com