Mereferensikan Objek ke File/URL di AutoCAD

www

Ini mungkin pertanyaan yang sering juga anda pikirkan. Bisa gak saya mereferensikan objek ke file atau URL suatu website? Misalnya saya mengklik suatu lampu di denah, trus saya bisa lihat spek-nya. Entah dalam format PDF atau detail di websitenya. Pernah mencoba hyperlinks?

Hyperlink mungkin memang tidak terlalu populer. Bukan karena tidak berguna tentu, tapi mungkin banyak yang tidak menyadarinya atau belum membutuhkannya. Jika anda bekerja di bidang building management, anda mungkin akan menyukainya. Anda dapat mengklik suatu objek dan bisa melihat detail seperti website pabrikan, alamat email, atau spesifikasi produk. Data management.


Adding and Using Hyperlink

Menambahkan hyperlink sangat mudah. aktifkan saja dari ribbon, insert tab, panel data.

hyperlink

AutoCAD akan meminta anda untuk memilih objek. Pilihlah objek yang anda inginkan, [enter], lalu AutoCAD akan membuka dialog berikut.

AutoCAD hyperlink dialog

Di contoh ini saya mengarahkan ke file .doc di server. Tidak hanya file atau URL, kita juga dapat mengarahkan ke saved view atau layout di file DWG kita.

view of this drawing 

views

Dan anda juga dapat mengarahkannya ke alamat email. Misalnya kalau ada masalah dengan server A, maka kita bisa dengan cepat tahu siapa yang harus dihubungi.

Hyperlink di dalam Block

Jika kita menginsert block, lalu menambahkan hyperlink, maka hanya block itu yang memiliki link. Anda harus mengkopinya agar setiap block punya link. Jika menginsert block dengan defenisi yang sama, maka block baru itu tidak memiliki hyperlink seperti block sebelumnya.

Jika kita butuh setiap block memiliki link yang sama, kita dapat menambahkan link pada objek di dalam block sebelum block dibuat. Atau anda dapat menambahkannya kemudian lewat block editor. Cara ini juga memungkinkan anda menambahkan lebih dari satu link dalam satu block.