Layer AutoCAD pada PDF

Sebelumnya pernah dibahas pada tulisan Menggunakan DWF dan PDF Underlay bagaimana kemampuan AutoCAD dalam memanfaatkan dokumen dengan format DWF dan PDF. Saya ingin menambahkan bahwa pada AutoCAD 2010, pada saat kita export gambar kita ke bentuk PDF maka informasi layer pada gambar dapat ditampilkan pada PDF viewer. Kita bisa atur layer tersebut on atau off.

layerpdf

Secara default, setiap kita export drawing ke pdf informasi layer tersebut otomatis disertakan.

Untuk mengatur informasi layer akan disertakan atau tidak ke PDF kita bisa tentukan pada plotter configuration pada saat kita akan export ke PDF.  Langkah-langkahnya sebgai berikut:

1. Lakukan PLOT gambar seperti biasa, pilih DWG to PDF.pce untuk jenis printer/plotter nya.

2. Klik pada properties untuk masuk ke plotter configuration. Pilih custom properties

customprop

3. Selanjutnya kita bisa atur beberapa hal pada DWG To PDF Properties

includelayer

Di sini kita bisa tentukan apakah informasi layer pada drawing akan disertakan pada PDF atau tidak. Kita juga bisa atur resolusi vector dan raster image yang akan dihasilkan, termasuk font handling.

4. Jika sudah selesai, klik OK, lanjutkan Plot

Semoga bermanfaat

~igun~

  • alwin

    bagaimana mengolah gambar pdf ke dwg, maksudnya gambar tersebut gambar rumit dan kompleks…tenyata file nya hilang dan yang tersisa hanya hardcopi. nah dari hasil lembaran kertas itu di scan dijadikan file pdf, dari hasil pdf mau di olah lagi menjadi file autocad dwg. maksud saya ada softwarenya tidak…
    terimakasih min.