12 Tahapan Menguasai AutoCAD

3d teacher

Salah satu pertanyaan yang sering saya dapatkan di TentangCAD adalah “Bagaimana cara cepat menguasai AutoCAD?”. Jawabnya simpel: Tidak ada cara cepat untuk menjadi mahir dalam suatu hal, termasuk belajar AutoCAD. Tahu kah anda berapa jumlah tool dan system variables di AutoCAD? Lebih dari 900! Kalau ada judul buku “Mahir AutoCAD dalam 16 jam” rasanya itu terlalu berlebihan. Tidak mungkin anda menguasai 900 tool dalam 16 jam! Sekedar tahu fungsinya saja rasanya tidak mungkin. Dalam 16 jam, paling-paling baru tahu dan memahami tool-tool dasar, dan untuk mahir perlu lebih dari itu untuk berlatih. Di sini saya mencoba menyusun 12 tahap yang akan anda lewati untuk menjadi mahir menggunakan AutoCAD.

 

1. Berkenalan dengan AutoCAD

Hal ini mungkin dianggap remeh oleh banyak orang. Terutama bagi yang telah terbiasa dengan aplikasi Windows. Tapi tidak semua orang sudah menguasai komputer. Pada tahapan ini anda akan berkenalan dengan cara memulai AutoCAD, membuat file baru, menyimpan file, interface, dan menggunakan tools navigasi. Saya selalu mendahulukan navigasi sebelum yang lainnya. It will make your life easier.

2. Menggunakan Drawing Tools

drafting

Setelah anda nyaman dengan AutoCAD, sekarang waktunya memahami cara menggunakan drawing tools. Banyak sekali drawing tools yang ada, dan beberapa drawing tools memiliki cara yang spesifik untuk menggunakannya. Karena itu jangan dihapal. Pahami langkah-langkahnya, dan ikuti tahapannya di command line.

Jika anda belajar atau diajari cara membuat garis, rectangle, circle, dst secara detail, rasanya itu bukan hal yang bijak. Biasanya dengan cara ini, 2 minggu setelah training selesai, anda akan berjuang untuk mengingat-ingat bagaimana caranya menggunakannya.

3. Precise Input

metrica

Setelah anda menguasai cara menggunakan drawing tools, selanjutnya anda akan mempelajari memberikan input koordinat. Yang dipelajari adalah menggunakan koordinat global, koordinat lokal, dan object snap.

4. Modify Tools

Menggambar sudah. Berbeda dengan menggambar manual di meja gambar, kita dapat memodifikasi berbagai object dengan mudah. Dan seringkali memodifikasi lebih mudah dan lebih cepat daripada menggambarnya langsung jadi. Apalagi jika kita bicara copy, array, mirror, dan sebagainya.

Secara umum, rules untuk mempelajari modify tools sama dengan mempelajari drawing tools.

5. Object Selection

Untuk bisa menggambar, kita butuh mempelajari precise input. Sementara untuk bisa memodifikasi objek, kita butuh mempelajari cara memilih objek-objek tersebut. Igun sudah membahasnya dengan detail di tutorial object selection.

6. Anotasi dan Annotation Styles

Menggambar sudah bisa, modifikasi juga sudah. Selanjutnya agar gambar anda lengkap, kita perlu melengkapinya dengan anotasi. Seperti dimensi, hatch, teks, dan sebagainya. Gambar engineering selalu butuh anotasi.

Menggunakan annotation tools mudah, terutama jika anda sudah menguasai langkah 1-5. Yang sering menjadi masalah dengan anotasi, adalah saat mengatur styles. Di sini anda sudah mulai mempelajari skala, atau mungkin bahkan layout. Jika tutor atau buku yang anda gunakan cukup up-to-date, anda juga akan diajari cara menggunakan annotation scaling.

7. Drawing Management

Sampai di sini, anda sudah dapat menggambar dengan lengkap. Namun belum menggunakan kapabilitas AutoCAD sepenuhnya. Ditahap ini anda akan mempelajari manajemen gambar. Terutama layer, layout, template, dan mungkin sheet sets.

8. Reusable Content

Jika anda memang banyak berkutat dengan AutoCAD, tentu ada simbol, desain, dan objek-objek standar yang sering anda gunakan. Di sini anda akan mempelajari cara membuat dan memanagenya. Ini disebut sebagai reusable content. Yang akan anda pelajari adalah membuat block, menggunakan tool palette, dan juga design center.

9. Managing Standard

acad-011

sumber ilustrasi: autodesk

Setiap orang menggunakan standard saat menggambar. Termasuk anda, meski anda tidak menyadarinya. Anda akan menggunakan tipe teks tertentu, ukuran tertentu, warna dan nama layer tertentu. Nah jika anda bekerja dalam lingkungan perusahaan, tentu kita harus mengikuti standar yang ada. Jika belum, ajukanlah ke perusahaan anda. Saya yakin anda akan memperoleh kredit dari ini. Memiliki standar akan memudahkan semua orang dalam bekerja, dan meningkatkan produktivitas perusahaan anda.

10. Design Collaboration

Waktu bekerja, kita pasti akan bekerja sama dengan orang lain. Karena itu standar penting. Dan saat anda mengerjakan proyek dalam skala besar, anda akan harus bekerja dalam waktu yang bersamaan. Jika anda harus menunggu seseorang selesai, baru bisa menggunakan filenya, tentu membuang banyak waktu. Dan jika anda mengkopi filenya dan dengan file itu, resiko miskomunikasi dan sulit untuk tracking perubahan yang ada.

Di sini anda akan mempelajari XREF. XREF juga membuat file anda simpel, tidak terlalu banyak elemen gambar yang membuat file anda corrupt. Kalau filenya corrupt, maka anda akan sering melihat pesan ‘fatal error’. Tentu kita tidak mau ini terjadi.

11. Developing Your Own Workfow

AutoCAD adalah aplikasi yang sangat umum. Siapa saja dari disiplin ilmu apa saja bisa memakainya. Jika anda pernah training di Autodesk ATC (Autodesk Authorized Training Center) tentu pernah melihat modulnya sangat umum. Bukan berarti ini jelek. AutoCAD memang aplikasi umum, jadi wajar saja tutorialnya juga umum.

Jika tutor anda punya latar belakang arsitektur, workflow yang diajarkan belum tentu cocok bagi anda yang bekerja di manufaktur. Karena itu, anda akan dituntut untuk mengembangkan workflow sendiri. Jangan terpaku pada buku yang anda beli, jangan terpaku pada instruktur anda, dan jangan terpaku pada saya!

12. Berlatih!

Setelah menguasai semuanya, tentu yang tinggal adalah terus melatih kemampuan anda. Jangan sekedar berlatih membuat garis, hatch, lingkaran, dimensi, etc. Gambar project sungguhan! Jika anda belum bekerja, carilah gambar contoh, dan gambar itu. Paling sederhana, anda bisa minta brosur di pameran properti. Atau cari di internet, banyak bertebaran contoh-contoh gambarnya.

Bagaimana, sudah sampai tahap mana anda sekarang? Atau ada hal lain yang ingin anda tambahkan?

Nah, kalau ada yang menanyakan kenapa kostumasi/programming tidak saya masukkan? Meski kostumasi dan programming penting, tidak semua orang membutuhkannya. Di perusahaan besar, hanya admin yang boleh melakukan hal itu. Tidak semua perusahaan mengijinkan setiap orang mengutak-atik aplikasinya, menghindari masalah dengan standard dan isu hak cipta.

  • http://kharianto.co.cc kharianto

    Makasih share nya Oom. sangat berguna sekali

    • http://tentangcad.com Edo

      Mungkin ada yang mau bikin buku dengan panduan 12 tahap di atas? :D

  • http://stopsmoking78.blogspot.com stopsmoking

    makasih ilmunya om

  • mustafa

    Pengasuh aCAD YTH, ada beberapa file gambar yang bila pada saat dibuka di kom selalu muncul perintah “autodesk product continue” sehingga butuh waktu yang lama untuk membukanya. dan anehnya tulisan tersebut selalu ikut ngeprint di 4 sisi kertas (mengelilingi gambar). mohon bantuan infonya untuk mengatasi hal ini. sebelumnya kami ucapkan terima kasih.

  • http://unitusahanisaf.indonetwork.co.id richard david

    wah,terimkasih ……
    punya bukupanduan autocad 2010 ngak ?
    boleh ngak saya beli atau download !!

  • cici

    bagi2 terus ilmu nya yo,…

    • riffi

      mbak,jari donk cr menggunakan autocad. sy gk tau sama skali.

  • http://ariksetiyono.blogspot.com arik

    Asslam,,
    mas mau tanya
    caranya ngeprint autocad biar ukuran disain ama ukuran print jadinya sama gmn y??
    misal aq bkin rectangle 4x4cm terus di print di kertas A4 jadinya juga 4x4cmjg
    sebelumnya makasi..

    • http://kursusautocad.tripod.com Kiki Susilobroto

      Jika anda mengambarnya dalam satuan 4×4 unit, maka pada scale, anda isi 1 unit = 10mm

  • sunarta

    mas saya pernah buat line yang melebihi kapasitas di layar ?
    terus saya mau lihat keseluruhan line ga bisa?
    klo gitu gmn caranya mas?
    apa dari skalanya?
    sbelumnya makasih ya mas?

    • http://tentangcad.com Edo

      Sudah di coba zoom extend?

      • sunarta

        sudah di coba mas .
        tapi ga bisa?
        barangkali ada cara lain mas?
        soalnya saya lagi banyak design yang harus di buat?
        mohon bantuannya mas?

        • http://tentangcad.com Edo

          Hmmm… harusnya zoom extend sudah bisa memecahkan masalah. Mungkin itu gambar lama?
          Sudah dicoba mengganti nilai LIMITS-nya?

  • tyas

    mau nanya mas edo, kalo kita mulai gambar skala 1 unit 1 cm. trusmau kita rubah gambarnya jadi 1 unit 1 meter gmana caranya, kalo di scale dimension stylenya jadi amburadul, tq

    • http://tentangcad.com Edo

      Ya memang begitu. Nanti dimensinya bisa diedit di dimension style. Kenapa harus diubah ke meter?

  • herri juliana

    thanks banget tentang ilmunya jadi pinggin perdalam auto cad terus sampai betul betul master

  • ande

    makasih sangat membantu……….

  • Tandiyo

    Makasih om Edo atas ilmunya, semoga bermanfaat

  • Andriaas Muchlas

    ingin bisa autocad

  • rahmat

    sya akan blajar tahap dmi tahap dri 12 tahapan diatas,thanks sbelumnya atas ilmunya yang dberikan..
    keep posting ya mas..

  • Asgomin

    saya mahasiswa teknik mesin, ingin sekali mempelajari autoCAD. kalau boleh minta rekomendasi, buku referensi apa saja yang menurut anda baik untuk belajar autoCAD. Saya tahu bahwa satu buku pasti punya kelebihan dan kekurangan, yang akan ditutupi oleh buku lain. Karena itu kalau tidak keberatan, bisa anda sebutkan buku apa saja yang baik menurut anda?

    • http://solusicad.com/ sugeng marjono

      buku autocad yang membahas tentang gambar teknik mesin di indonesia, sejauh yang saya tahu kurang “greget”nya. jadi tidak signifikan kalau koleksi buku. saran saya:
      1. kalau waktunya banyak luang, gunakan tutorial disini baik2, pelajari, dan gunakan utk menggambar mesin yang diinginkan. bingung tanya saja.. :)
      2. kalau ingin instant, coba training/kursus.

  • bayu

    kalo menggambar bukit, batuan 3d, dengan a.cad gimana ya??

  • Heru Black

    Saya Sangat Ingin Mahir Dalam Auto Cad,,,ingin Khursus tpi Di Dumai ni tdk ada,.,.,Gimna Solusi Terbaiknya ya………..???

    • sugeng marjono

      solusinya adalah ikut paket kelas jarak jauh dari SOLUSICAD. selengkapnya silahkan klik link dibawah ini:
      http://solusicad.com/kursus-jarak-jauh/
      tidak sulit kan untuk jadi mahir..? :)

  • Muhammad Zybrill

    terima kasih atas petunjuknya, saya sekarang bekerja di perusahaan konsultan, dan saya dituntut untuk mahir autocad, masih banyak tools yg belum saya kuasai, mohon bimbingannya!!!

  • fatah

    bos,aku pake autocad 2007,

    setiap kali pake command layer pasti fatal error: unhandled e06d7363h exception at7687b727h,mohon pencerahannya bos , , ,