Revit 2010 – Navigasi Office 2007 dan Sketchup Modeling

rac2010

Apa yang baru di Revit 2010? Jujur saja bagi saya tidak banyak. Mungkin karena memang tidak banyak lagi hal yang bisa dikembangkan dari aplikasi spesifik seperti Revit. Interface dan format file, seperti biasa berubah. Ada tambahan beberapa fitur baru di mass modeling, surface dan juga interoperabillity antara aplikasi autodesk: format file ADSK. Meski tidak banyak, cukup menarik untuk mencoba fitur-fitur baru ini. Ingin tahu lebih banyak?


Interface

Yang paling membuat shock pengguna lama tentu saja ribbon interface. Autodesk memang terkenal suka menganti-ganti interface. Setiap tahun ada saja perubahan interface, meski kadang hanya minor. Sekarang perubahaannya cukup signifikan. Bahkan menu yang (dulunya) jadi standard semua aplikasi windows menghilang. Coba dimana urutan menu seperti file, edit, tools, dst?

menu

Sepertinya kita memang harus segera menyesuaikan diri dengan interface baru ini. Bukan salah Autodesk juga kali ini. Microsoft yang seenaknya merubah pakem yang sudah ada sejak beberapa dasawarsa ini. Dulu semua aplikasi harus memiliki menu, toolbar, status bar, dll untuk bisa disebut Windows Compliant. Sebentar lagi mungkin harus punya ribbon untuk bisa jadi windows compliant. Better get use to it!

Ribbon sebetulnya tidak sulit digunakan. Hanya saja pengelompokan toolsnya sekarang berubah total. Cobalah explore untuk tahu dimana tools anda dikelompokkan sekarang.

ribbon

Pada dasarnya sekarang ada 8 Tab pad ribbon. Dan saat anda mengaktifkan salah satu tool Revit atau memilih objek, anda akan melihat satu Tab lagi terbuka. Tab ini berisikan tool dan option yang relevan dengan tool yang aktif. Karena itu disebut dengan contextual tab. Ini adalah contextual tab untuk door. Kalau dilihat dari segi ‘cantik untuk dilihat’ ribbon mungkin memuaskan anda. Bahkan ada thumbnail yang memungkinkan ada melihat preview bentuk component yang akan anda letakkan.

contextual bar

Untuk navigasi, sekarang diletakkan di sisi kanan drawing area. Tampak simpel dan kompak. View cube juga akan disembunyikan jika anda tidak dalam 3D view. Not bad.

navigation

Modeling ala Sketchup dan Surface Pattern

Untuk massing, harus diakui ada kemajuan lumayan di Revit 2010. Tidak sekaku di masa lalu. Kita bisa memodifikasi dalam level sub-object. Seperti menarik edge atau face dari objek. Anda bisa lihat saat memilih objek ada seperti gizmo di 3ds max?

revit gizmo

Sekarang bicara surface. Bentuk surface saat masuk ke engineering detail tidak smooth tentu saja. Di bangunan, anda mungkin menutupnya dengan panel pre-cast. Atau curtain wall. Di Revit 2010, kita bisa membagi surface menjadi mesh dengan bentuk yang sesuai dengan pabrikasi panel kita kelak.

 

divide surface

Misalkan saya punya model curtain wall seperti di bawah ini. Saya akan memasang dalam bentuk segitiga. Very cool. Mungkin tidak banyak terpakai, tapi tetap menarik bahwa kita dapat melakukannya di Revit.

 

surface pattern

Autodesk Exchange (ADSK)

Seingat saya format file ini baru muncul di 2010. Dengan adanya format file ini, anda dapat menggunakan file dari produk autodesk lain untuk digunakan sebagai building component. Misalkan desain dari Inventor, atau aplikasi manufaktur lain.

Di sini tampak Autodesk berusaha keras agar penggunanya lebih mengutamakan untuk menggunakan jaringan produk mereka, bukan dari produk lain. Tentunya akan sangat menyenangkan jika kita bisa menggunakan desain dari berbagai aplikasi lain dengan mudah, di desain kita. Setelah sebelumnya muncul format FBX untuk kolaborasi dengan 3ds max animator, sekarang ADSK untuk manufakturing.

Sudah mencoba Revit 2010?

  • http://kharianto.co.cc kharianto

    Aduh saya kurang paham karena blom pernah menggunakan revit

  • era

    Saya mau dikirimi tutorial tentang revit Archt dan Struktur 2010…soalnya msh pemula sih… trims ya…

    • faisal

      kmu da dapat tutorialnya ? mxch

  • faisal

    kalau mau beli bukunya belajar autodesk revit arcitectur dimana

  • arya

    saya ingin bisa menggunakan revit2010, gimana caranya apakah cukup beli buku atau mengikuti kursusnya, kalo ada dimana dan brapa biayanya, tx