Perbandingan Teknik Modeling Inventor Dan Revit (I)

Ada beberapa persamaan yang dapat di tarik antar kedua software ini untuk melakukan sebuah modeling sehingga seorang pengguna Inventor atau Revit dapat mengoperasikan dan memahami kedua software ini dengan mudah.

Kita akan coba membahas konsep dasar sebuah modeling sehingga mudah untuk dipahami dan diaplikasikan. Baik untuk pembuatan model yang sederhana sampai yang rumit.

Adapun persamaannya sebagai berikut :

Misal kita ingin membuat sebuah dinding dengan ketebalan dan tinggi tertentu. Di Inventor kita membutuhkan sebuah plane untuk membuat sebuah sketch yang selanjutnya akan dibuat menjadi sebuah feature. Plane bisa diambil dari plane standard , dari sebuah permukaan geometry yang berbentuk rata atau dibuat sendiri. Dan di Revit plane bisa diambil dari sebuah level , permukaan rata atau dibuat sendiri. Contoh kita ingin membuat dinding dengan ketebalan 150 mm, Panjang 1000 mm dan tinggi 4000 mm.

Di Inventor kita bisa menggunakan extrude to untuk medapatkan ketinggian sampai dengan ketinggan plane yang kita buat (plane di offset dengan ketinggan 4000 mm). Sedangkan di Revit kita tinggal setting ketebalan tembok dan memilih ketinggian berdasarkan level yang sudah ditentukan (misal ketinggian per level 4000 mm) . Pada saat membuat dinding tinggal arahkan ketinggian pada level tertentu. Perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini. Sebelah kiri modeling di Inventor Dan sebelah kanan modeling di Revit.

Extrude IVExt Rev 1Ext Rev 2

  • Ibrahim samuel

    wahhhh adalagi sofware labih canggih dari inventore,, kalao mau cari softwarenya yang asli dimana mas ? hahahaha adakah kesempatan untuk berbagi ilmu ???