Mengolah Hasil Ekspor Partlist ke Excel

Data-data yang dikeluarkan oleh Inventor pada saat partlist di ekspor ke dalam excel rata-rata berbentuk text (string) sehingga formula yang ingin kita masukan untuk melakukan kalkulasi tidak bisa dijalankan.

Berikut sedikit pengetahuan yang mungkin berguna bagi rekan-rekan yang menggunakan Inventor :

1. Buka data hasil ekspor dalam format .xls menggunakan ms. excel. Misal seperti contoh gambar dibawah ini. Data ini merupakan data bentangan dan berat pelat yang dihasilkan secara parametric untuk mendesain sebuah pressure vessel. Dimana data yang dihasilkan digunakan untuk melakukan estimasi harga. (Mohon maaf untuk pengolahan data tidak dijabarkan karena dapur perusahaan :D). Misal kita ingin menghitung grand total dari total mass.

BOM Data

BOM Data

2. Pada kolom baru anggap kolom I2 tuliskan =LEFT(H2,LEN(H2)-3) untuk menghilangkan karakter “kg”. Sehingga data yang dihasilkan sudah berupa bilangan real.

3. lakukan penjumlahan dengan cara manual =I2+I3+I4+I5+I6+I7+I8+I9. Karena kalau menggunakan =sum(I2:I9) bilangan tidak bisa dihitung. Insya Allah kalau sudah ditemukan dengan cara =sum akan di update.

4. Data total berat dari design kita sudah didapatkan. Silahkan kalikan dengan harga /kg.

Proses estimasi harga jauh lebih cepat. Dan tatkala ada perubah dimensi dari design maka secara otomatis data di partlist Inventor akan berubah. Karena sistem parametric di Inventor tergolong ciamik :). Dan kita hanya butuh mengekspor data partlist ke ms. excel.

Mudah-mudahan bisa berguna terutama untuk kawan-kawan yang bekerja di fabrikasi

Ada yang minat mendalami Inventor. Silahkan contact UdaafAtTentangcadDotCom.

+an 26/07/09.

Ok dah dapet caranya biar function sum bisa berjalan. Ketik formula seperti dibawah ini :

=Value(LEFT(H2,LEN(H2)-3)).  Ini berfungsi untuk merubah string ke real.

Salam,

Afri 28/07/09