Menggunakan DWF dan PDF Underlay

pdf and dwf Anda kenal format DWF (design web format)? Jika tidak, mungkin anda kenal PDF (portable document format). Keduanya serupa tapi tak sama. Keduanya merupakan file vektor yang sering digunakan untuk dokumen yang diberikan melalui email atau media lain. Hanya saja PDF lebih general, sementara DWF hanya digunakan Autodesk. Keuntungan menggunakan format file ini adalah selain ukurannya cukup kecil untuk dikirim dan diupload via internet, kita dapat menginformasikan desain dengan mengurangi resiko desain kita digunakan oleh penerima file. Setidaknya tidak dengan mudah, harus redraw.

Tapi bukan berarti file PDF dan DWF tidak lagi bisa digunakan sama sekali. Kita dapat menggunakannya sebagai underlay!

Pertama, saya ingin membahas bagaimana membuat file PDF dan DWF dari AutoCAD. Hal ini cukup banyak ditanyakan, termasuk di thread #AutoCAD pada Twitter. Membuatnya mudah saja, tidak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun. Dari aplikasi lain, untuk membuat file PDF seringkali harus menginstall aplikasi tambahan (seperti adobe distiller). Tapi di AutoCAD semua sudah tersedia.

Plot saja gambar anda seperti biasa, tapi saat mencetak, gunakan plotter DWF atau PDF (atau JPG untuk membuat image).

plotter

Beberapa konsultan/kontraktor yang menerima file DWF dan PDF sering mengeluhkan mereka tidak dapat menggunakan file PDF atau DWF itu. Padahal mereka butuh file drawing untuk melakukan estimasi atau referensi desain mereka. Jadi kadang mereka harus menggambar ulang.

Sebetulnya file PDF dan DWF masih bisa digunakan sebagai underlay.

attach files

Meski namanya underlay, bukan berarti hanya bisa dilihat. Banyak kontrol yang dapat dilakukan, tidak seperti menggunakan image sebagai underlay. Kita dapat mengatur clipping boundary, enable snap, dan mengontrol layer mana saja yang akan ditampilkan.

pdf options

Dengan fasilitas ini, kita dapat menggunakan file PDF atau DWF seperti menggunakan DWG sebagai XREF!

  • daniar

    Untuk tambahan, bagi yang main di 3d, coba 3ddwf command.

  • hasan

    mau nanya nih, apakah di program autocad fiel pdf bisa kita kita ubah ke dwg lagi, coz saya sering dapat gambar pdf n terpaksa harus redraw ulang..
    mengenai penjelasan underlay saya kurang paham coz yang ada dia autocad 2007 cuma ada di insert-dwf underlay.
    makasih sebelumnya

    • Edo

      PDF bisa saja diubah ke DWG/DXF selama dalam format vector. Tapi hasilnya semua dalam bentuk sederhana (lines, arc, text). Bayangkan hatch dalam bentuk lines! Atau dimension terpecah2 dalam lines dan text. Dan semua di layer 0.
      Practically useless. Ada kok converternya, free.
      Tapi memang tujuannya kan begitu… biar desain kita gak bisa digunakan sembarangan.

      • Rais

        Lha teruz, caranya bagaimana tu maz biar gambar PDF bisa dijadiin gambar DWG…????

        • Gunawan HaGun

          gambar dengan format pdf (bukan dari scanner) dapat di konversi ke dwf kemudian dari dwf menjadi dwg, selanjutnya megolah data gambar di dwg.
          saya sudang mengolah gambar pdf ke dwg, hasilnya memuaskan.

  • RAIS DWI ARIYANTO

    maz Edo. caranya convert pdf ke Autocad caranya bagaimana? soalnya saya dapat gambar dari klien dg format pdf. masak saya harus menggambar ulang, soalnya gambar nya sebagian besar belum saya mengerti..
    plis bantu saya maz..
    makasih

    • Gunawan HaGun

      pake transformer
      saya sudang mengolah gambar pdf ke dwg, hasilnya memuaskan.

  • zekman

    salam pak, saya mau tanya gimana cara membuat ARCTEXT di autocad 2007. saya pernah membuat arctext di cad ver.2002 tapi saya coba applikasikan perintah tersebut di 2007 tdk bisa. mohon bantuannya