Memanfaatkan Visual Effect Saat Memilih Objek

Untuk memudahkan dalam memilih objek yang akan dipilih, AutoCAD memberi kemudahan dengan membedakannya secara visual. Bila kita gerakkan kursor ke objek yang akan dipilih maka tampilan objek tersebut akan berubah, bisa menjadi berupa garis putus, atau lebih tebal atau keduanya. Begitu pula untuk membedakan metoda memilih objek secara window atau cross, tampilan kotak area pemilihan dibedakan dengan garis penuh atau putus-putus. Bahkan area pemilihan objek pun dapat kita atur warnanya.

visualeffect

Kita dapat mengatur visual effect tersebut dengan cara sebagai berikut

  1. Gunakan petintah OPTIONS kemudian klik pada tab ‘Selection’visualeffect

  2. Perhatikan pada area ‘Selection Preview”. Ada dua pilihan checkbox untuk menentukan kapan kita dapat memanfaat visual effect untuk memilih objek.

  3. Klik pada tombol ‘Visual effect settings…’

  4. Disini kita dapat mengatur visual effect ketika akan memilih objek. Contoh tampilan visual effect diperlihatkan pada kotak hitam berisi beberapa objek. Bila perlu, klik pada tombol advanced options untuk mengatur lebih spesifik

  5. Cobalah beberapa setingan sehingga anda dapat membedakan satu sama lain. Bila anda terbiasa dengan visual effect yang classic, biasanya hanya mengaktifkan ‘When a command is active’ dan memilih ‘Dash’ pada area ‘Selection previes effect’ serta tidak mengaktifkan ‘indicate selection area.

Pengaturan visual effect ini akan sangat berguna ketika pada gambar kita banyak objek yang rapat/berimpitan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat

~ igun ~