Arsiran Keramik Terskala

Ada beberapa catatan ketika penulis mendapat gambar dwg arsitektural dari seseorang. Salah satunya adalah pola keramik pada denah lantai. Kebanyakan masih menggunakan line untuk pola keramiknya.

Memang yang dibutuhkan untuk gambar pola keramik haruslah terskala. Sedangkan hatch pattern AutoCAD tidak menyediakan pola keramik 20×20, 30×30, 20×30, dst.

Untuk itu sebenarnya kita bisa menggunakan user defined-nya hatch. Misal pola keramik 20×20, pada dialog box hatch kita pilih type: user defined, spacing: di isi 20, lalu centang opsi Double. Agar berpola arsir 20×20.

Jangan lupa untuk hatch origin kita pilih yang specified origin lalu centang opsi default to boundary extents:, pilih yang center agar pola lantai terbagi rata kesekelilingnya.

Hal sama juga dilakukan untuk pola lantai 30×30, cukup mengubah Spacing.-nya menjadi 30.

Lalu bagaimana kalau keramik 20×30?

Mudah kok Buat dua arsiran di daerah yang sama. Pertama-tama buat dulu arsiran yang 20-nya hilangkan centang Double. Kemudian buat arsiran 30-nya hilangkan juga centang Double dan ubah Angle: ke 90 derajat.

Bila sakit berlanjut. Hubungi tentangCAD terdekat. :-)

  • Pither Rukka

    Boleh juga trik-nya…..mantap, tamban ilmu
    Thanks ya..

  • Edo

    Menarik. Dulu saya bikin sendiri pattern 20×20 atau 20×30. Ternyata bisa begini juga.

    • Irfan

      Mas Edo, Misalkan untuk ditoilet hatch tersebut bertumpukan dgn block sanitair,dan hatch tersebut tidak bisa dtrim oleh block sanitair. Biasanya saya mengwxplode hatch untuk mentrim garis agar tidak berpotongan dgn block sanitair. bagaimana ya solusinya agar hatch tsbt tdk dtrim? mohon bantuan.. Tks

      • Pither Rukka

        Coba gunakan WIPEOUT untuk object dan TEXTMASK untuk text.

  • Pa kabar mas edo?
    Ketemu lagi nih, Sy ada kesulitan mas. Gmn cara mewarnai gambar Cad dengan Hatcing Colour? masalahnya Garis gambar jadi tertutup sama Hatcingan tersebut, udah sy sebd to back tp tetep aza balik lagi ke atas, knp ya mas? makasih sebelumnya

  • arman

    Tips n trick yg oke….Skalian mo btanya…Sy sering mengalami kejadian yaitu hatch pattern untuk gravel..(biasa dipakai ut potongan pondasi) tidak bulat tetapi cuma garis-garis yg nampak?mohon bantuan…thanx..