Mengunci Elevasi Drawing pada UCS

Kasus ini muncul di forum: pada saat akan membuat fillet, muncul error yang mengatakan fillet tidak dapat dilakukan karena kedua garis tidak co-planar. Co-planar artinya kedua garis itu tidak pada bidang yang sama. Mungkin karena bekerja di UCS yang berbeda, atau pada saat membuat garis itu, tidak sengaja snap ke titik lain. Kadang malah tanpa diketahui penyebabnya, garis bisa terbuat pada elevasi yang berbeda!

Bagaimana menghindarinya?

ignore Z valueKita dapat ‘memaksa’ agar AutoCAD mengabaikan nilai Z selain pada UCS. Jadi kalau ada objek lain yang memiliki nilai elevasi berbeda, AutoCAD akan mengabaikannya.

Anda dapat mengaktifkannya pada option, tab drafting settings. Pada bagian object snap options, aktifkan replace Z value with current elevation.

Atau anda dapat juga mengubahnya dengan mengetikkan OSNAPZ dan menggantinya menjadi 1.

Bagaimana jika telah terlanjur digambar? Ya satu-satunya cara dengan flatten atau memeriksa elevasinya satu-satu.

  • http://kharianto.co.cc kharianto

    Bukannya kalau dalam 3D sudah terlihat perbedaan elevasinya Om..

    • http://tentangcad.com Edo

      Yang jadi masalah, kalau menggambar di 3D, kadang elevasinya gak di UCS itu. Tapi snap ke titik yang ada di evelasi lain. Ini yang suka jadi masalah waktu operasi 3D atau modify…

  • mike

    walah, mas Edo munculin “Object Snap Setting” nya dari mana ya, punyaku (Cad 2009 LT) kok ga bs ya?

    • http://tentangcad.com Edo

      Sepertinya itu memang untuk AutoCAD, di LT mungkin memang gak ada. Karena LT toh bukan untuk gambar 3D?

      • mike

        iya jg sih,… cuman klo dapet kiriman gambar dari AutoCAd yg ‘nonLT’, trus elevasinya ga sama, suka senewen sendiri klo mo ngedit. mo di edit satu2 klamaan,… ada solusi laen brngkali? tq,..

  • toby

    adakah yang dapat memberi masukan saran yakni file Autocad dapat dilihat tetapi tidak dapat diedit. file yang keluarannya tetap dwg bukan d eksport ke bentuk lain (pdf atau file extention lain). trims

  • zaini

    Salam Bro.

    saya ada 1 masalah tentang UCSICON soalan saya… bila saya UCSOBJECT, drawing berpusing, bagaimana jika saya mahu UCSICON sahaja berpusing tanpa melibatkan drawing?