Mencetak Model 3D

conceptual view

Bagaimana caranya mencetak model 3D AutoCAD agar tidak tampak seperti wirefime, tapi hidden lines atau conceptual? Sederhana saja, cukup ganti visual style anda agar tampak menjadi hidden lines, conceptual, realistic, atau lainnya.

vs

Secara default, AutoCAD akan mencetak apa yang tampak di model anda. Namun jika anda tidak dapat melihat hasil tersebut di layar anda, anda dapat mengoverridenya dari plot dialog box. Atau, anda juga dapat mencetak hasil rendering secara langsung, tanpa harus merender ke image lebih dulu.

expand

Expand kotak dialog plot anda dengan mengklik button ’more option’ di kanan bawah.

Ganti pilihan shade plot menjadi visual styles yang anda inginkan. Anda dapat lihat bahwa anda dapat memilih untuk mencetak hasil renderingnya!

shaded option

Namun bagaimana jika masih tidak bisa, bahkan pilihan shade plot itu mati? Hal ini terjadi jika anda menggunakan layout. Anda harus ingat bahwa setiap viewport memiliki properti sendiri-sendiri.

Klik ganda pada viewport untuk mengaktifkannya. Ketik VS [enter] untuk mengubahnya menjadi visual styles yang anda inginkan. Lalu pindahlah ke viewport lain untuk mengubahnya. Lakukan untuk setiap viewport, dan anda akan lihat setiap viewport dapat memiliki visual style sendiri-sendiri!

layout

  • http://smk6kendal.blogspot.com nanang

    mas edo. bicara tentang 3d apa kelebihan CAD di banding dg 3dsmax? kalo bisa gimana kalau njenengan tambahi dengan menulis 3dsmax untuk lanjutan tentangcadnya karena kalo mbahas cad terus agak bosen… tanks. jujur kita dari dunia praktisi dunia smk kita sudah dituntut ke level kompetensi yang sudah mendekati di dunia usaha seperti : ya nggambar 2D dan gambar 3d. tanks. (oh ya kita tiap tahunnya di lombakan lo seleksinya dari tingkat kabupaten sampai nasional dan yang menang di kirim sebagai wakil indonesia untuk lomba ke tingkat internasional , ya lombanya ya CAD ( maksudnya ya terserah mau pake program apa saja yang penting bisa buat gabar ) tanks.

    • http://tentangcad.com Edo

      3ds max itu bukan software CAD. Tapi lebih ke multimedia & entertainment (M&E). Utk bikin animasi, visualisasi, dan game. Misalkan dibandingkan dengan free form modeling CATIA atau Alias. Sama2 bisa modeling surface, tp hasil desainnya klo diproses di mesin akan koyak. Bukan surface class A. Dilihat sama, tapi yang dr 3ds max cuma buat diliat, gak bisa dipabrikasi :)
      Meski ada konsultan yang pake 3ds max, tp itu buat visualisasi aja. Finishing desain dari CAD. Entah dari AutoCAD, Revit, atau lainnya. Kalaupun desain, sifatnya conceptual. Saya sarankan sih belajar yang lain dulu, baru kalau ada waktu lebih belajar 3ds max. Bukan gak penting, tp utk dunia desain lebih kepake CAD. Kecuali niatnya emang mau ke M&E.
      Membahas 3ds max? Mungkin nanti ya… Sementara ini belum :)

  • lia

    bagaimana sih mengganti layout pada 3D?

    • ibd

      yang dimaksud menggganti layout disini apakah membuat layout baru atau dengan layout yg ada kemudian diubah viewnya?
      thanks

  • multazam

    bagaimana caranya gambar 3d di convert jadi 2d ??
    terimakasih

    salam
    mul

  • multazam

    bagaimana caranya gambar 3d di convert jadi 2d ??
    terimakasih

    salam
    mul

  • dona

    mohon bantuan nih gan
    saya berencana membuat papercraft…
    saya download kemudian saya pakai mesh modelling autocad. gambarnya sudah kotak-kotak. tapi gimana caranya supaya saya bisa cetak ke dalam bentuk yang nantinya bisa saya tempel2 menjadi objek 3D. mungkin itu juga maksud dari pertanyaan agan multazam. terimakasih….

  • OMR

    Kalau mencetaknya dari model Space gimana? bukan dari Layout ya<<< bukan pula gambar 2d.