Membuat Pallete dan Block Library

Banyak pengguna AutoCAD yang memiliki library block yang cukup lengkap. Ada yang membuat satu block dalam satu file, lalu memasukkannya dengan menginsert file itu sebagai block. Bagi saya, ini bukan cara yang bagus dalam manajemen block.

Sekarang banyak juga yang menggemari penggunaan tool pallete sebagai manajemen block. Kita bisa melihat thumbnail dari block untuk memudahkan pemilihan. Dan tinggal sekali klik, kita bisa memasukkan block itu ke drawing. Tapi bisakah anda membayangkan jika anda punya ratusan file block? Anda harus membuka tiap file dan mengklik dan drag ke pallete! Ratusan kali!

Sekarang kita bicara lagi dalam skala corporate. Misalkan library block diletakkan di server. Dan anda harus mengatur di setiap client agar memiliki pallete yang mengarah ke folder di server. Wasting time. Betul, anda bisa sekali saja mengatur di satu client, lalu mengexport pallete ke file, dan mengimport di masing-masing client. Tapi cara ini cukup merepotkan untuk maintenance. Kalau lokasi file ganti, kita juga harus mengganti dari awal. Apalagi kalau masing-masing client menggunakan cara yang berbeda, ada yang map drive, ada yang pakai link nama server.

Praktek yang lebih baik sebetulnya menyimpan semua library block yang sejenis dalam satu file. Bagi yang terbiasa menggunakan MicroStation, cara ini yang digunakan di sana. Menggunakan cell library. Harus diakui MicroStation punya manajemen file yang lebih baik :)

create pallete

Dengan menggunakan design center, kita cukup mengklik kanan ke file berisikan block library dan memilih create tool pallete.

Semua block yang ada di file tersebut, akan dibuat dalam satu pallete. Pallete ini akan diberi nama sesuai nama file. Dengan cara ini, setiap client dapat dengan mudah membuat pallete.

Ingin mencoba? Bukalah design center dengan mengklik [ctrl] + 2. Arahkan ke sample files dan pilih salah satu file. Di atas kategori block, klik kanan dan pilih create tool pallete.

Periksa tool pallete anda.

  • Pither Rukka

    Mas Edo,
    Saya udah mencoba…sangat simpel dan cepat. Saya ga perlu lagi mikirin gimana membuat program autolisp untuk memunculkan block-block.
    Terimakasi ilmunya.

    Tapi bagaimana ya kalau lokasi file itu kita pindah-pindahkan…apakah blocknya tetap exist di toolpalletes?

    PR

    • http://tentangcad.com Edo

      Tool palletes cuma mengacu ke path dimana block itu berada. Jadi kalau filenya dipindah ya sudah gak bisa dipakai.
      Gampangnya bisa dihapus pallete yang lama, dan bikin lagi yang baru.
      Tapi logikanya kan library block tidak sering dipindah-pindah…

  • http://putrabanjara@yahoo.idcom putra

    klo di axtivkan cam lebih lanjut pencarian makasih kepada yahoo

  • Pither

    Mas Edo, kalau untuk menyimpan object lain seperti: hatch, linetype, command dalam palettes gimana caranya.
    Saya udah coba cara diatas, tapi ga bisa.

    • http://tentangcad.com Edo

      Cara di atas memang hanya untuk block. Utk hatch, lines, dll coba buat objeknya dulu. Skalanya berapa, stylenya seperti apa, line typenya, dll.
      Trus drag and drop objeknya ke pallete

  • Abdon

    XHTML: You can use these tags:

  • Agung Budi Kristanto

    saya mau nambahain nih, kalau mau tambahin satu obyek DWG sebagai palette tinggal drag seret ke palettes tool area, langsung masuk itu