Instalasi Express Tools atau fitur opsional lainnya

Express Tools

Express Tools

Pada beberapa artikel sebelumnya telah banyak dibahas banyak fungsi dan kegunaan dari Express Tools. Namun seperti yang dikatakan oleh Edo pada artikel tersebut, seringkali ketika melakukan instalasi kita menggunakan pilihan ‘Typical’  atau hanya memilih next, next, next dan finish :) , sehingga menu Express Tools tidak muncul pada AutoCAD yang kita install.

Bila sudah terlanjur demikian maka kita perlu menginstall tambahan Express Tools pada AutoCAD. Tidak perlu menginstall ulang seluruhnya (saya menemukan beberpa orangmelakukan ini). Kita dapat menambahkan fitur opsional program-program aplikasi Windows yang sudah kita install (bukan hanya AutoCAD) melalui control panel. Misalnya saya akan menambahkan Express Tools pada AutoCAD 2010, berikut langkah-langkahnya

1.       Buka ‘Control Panel’ pada Windows, kemudian pilih ‘Add or Remove Programs’

addremove

2.       Pilih AutoCAD 2010

3.       Klik pada tombol ‘Change/Remove’

change-remove

4.       Selanjutnya akan muncul menu instalasi, pilih ‘Add or Remove Features’

5.       Pada tampilan Add/Remove Features pilihlah fitur-fitur yang ingin kita tambahkan, kali ini saya memilih Express Tools.

contreng

6.       Klik tombol ‘Next’ untuk melanjutkan ke step berikutnya. Selanjutnya AutoCAD akan melakukan update dengan menambahkan fitur yang kita pilih. Masukan installation disk bila diperlukan.

7.       Finish. Jalankan AutoCAD dan hasilnya:

et

Selain Express Tools kita juga dapat menambahkan Material Libraries, Sample Files, Tutorial atau fitur tambahan lainnya.

Note: Fitur Express Tools tidak termasuk pada AutoCAD LT

Semoga Bermanfaat

~ igun~