Menyamakan tampakan skala Linetype Model dan Layout

yin_yang

Dalam penggambaran AutoCAD kita sering mengalami masalah dalam mengatur skala Linetype, dimana skalanya tidak sama antara di model dengan di layout. Hal ini saya temukan sampai pada versi 2008, untuk versi diatasnya mungkin sudah ada perubahan.

Masalah skala garis ini tentu menyusahkan karena kita harus selalu mengganti nilai setting-sevariable LTSCALE setiap pindah dari model ke layout atau sebaliknya.

Untuk mengatasi hal tersebut kita dapat meyeimbangkan skala garis dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Gunakanlah selalu linetype yang sejenis, contohnya: center2, phantom2, border2,…dst.
  2. Gunakan selalu skala linetype =1 (nilai defaultnya setiap membuat garis baru), jangan diubah ke nilai lainnya walaupun anda nantinya akan membuat perbesaran atau detail-detail gambar.
  3. Atur nilai setting PSLTSCALE =1, gunanya untuk menampilkan linetype sesuai skala Ltscale di layout.
  4. Atur nilai setting MSLTSCALE =1, gunanya untuk menampilkan linetype sesuai skala Ltscale di model.
  5. Atur nilai seeting LTSCALE sesuai dengan kebutuhan anda. Perubahan ini berdampak sama ke model dan layout.
  6. Langkah terakhir untuk mengatur agar skala garis di model dan di layout sama yaitu dengan mengatur Annotation Scale (di model pada dibagian kanan bawah layarl) sesuai dengan skala gambar tersebut, misal di layout anda membuat skala 1=20, maka di model Annotation Scale-nya di ubah ke 1=20 juga.

Jadi kita cukup mengatur skalanya di model saja, di layout tidak perlu karena perubahan Annotation Scale tersebut tidak mempengaruhi skala garis di layout

Setting skala linetype yang anda buat ini dapat tersimpat dalam file template, dan bila di plot/print nantinya seperti apa yang tampak pada layar anda.

Selamat mencoba!

———-

Profil Penulis:

Pither Rukka adalah lulusan S1 Teknik Sipil pada Universitas Hasanuddin tahun 1997, telah menggunakan AutoCAD sejak tahun 1995. Mulai bekerja sebagai Designer tahun 1997 di beberapa perusahaan kontraktor dan sejak tahun 2003 sampai saat ini bekerja di perusahaan pertambangan, PT INCO Sorowako, sekarang sebagai Senior Civil-Mechanical Designer. Penulis juga pernah bekerja menggunakan beberapa software CAD lain seperti ArchiCAD, MapCAD, Solid Works, Graitec, Autodesk Civil 3D, AutoCAD Mech’Q. Sejak dua tahun lalu mulai aktif mempelajari AutoLISP.

Penulis dapat dikontak di: Pither [dot] Rukka [at] valeinco [dot] com

  • http://tingtenggung.blogspot.com ardi

    trims pak.

  • http://www.archicompartner.blogspot.com daroji

    makasih pak,, kapan kapan mampir lagi,,,