Menggunakan feature “Attach Drawing” di CMS IntelliCAD

Salah satu feature paling penting di CMS IntelliCAD adalah IntelliCAD Explorer. Melalui IntelliCAD Explorer kita bisa mengatur berbagai feature dan setting dari gambar kita antara lain: layers, linetypes, text styles, dimension styles, blocks, dll. Tutorial ini menjelaskan filosofi dan cara menggunakan salah satu feature di dalam IntelliCAD Explorer yaitu Attach Drawing.

Attach Drawing berfungsi untuk melampirkan gambar dari file eksternal ke dalam file kerja. Di dalam file kerja, lampiran ini akan diperlakukan seperti block.

Contohnya seperti berikut ini:

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/Porsche_911_0

Gambar 1. File kerja Porsche_911.dwg

1. Di dalam file kerja Porsche_911.dwg (Gambar 1), kita ingin memasukkan gambar roda sebagai lampiran.

2. Buat file .dwg baru dan save dengan nama Wheel.dwg.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/Wheel_1

Gambar 2. File lampiran Wheel.dwg

3. Buat gambar roda dengan sumbu roda berada di koordinat [0, 0] sebagai referensi seperti pada Gambar 2 di atas. Save gambar.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/IntelliCAD_Explorer_1

Gambar 3. Jendela IntelliCAD Explorer dengan pilihan icon Attach Drawing

4. Kembali ke file kerja Porsche_911.dwg. Pilih:

Tools > IntelliCAD Explorer > Blocks > Attach Drawing (lihat Gambar 3)

Pilih file lampiran Wheel.dwg yang sudah di-save tadi. Masukkan roda di posisi as roda. seperti pada Gambar 4 dibawah.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/Porsche_911_1

Gambar 4. File kerja mobil dengan roda sebagai lampiran.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/Wheel_2

Gambar 5. Menambahkan detail roda di file lampiran wheel.dwg

5. Jika kita kemudian ingin menambah detail roda, kembali ke file Wheel.dwg dan tambahkan detail seperti ditunjukkan pada Gambar 5 di atas. Save file tersebut setelah selesai.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/Porsche_911_2

Gambar 6. File kerja dengan roda yang sudah diupdate.

6. Reload file kerja Porsche_911.dwg. Sekarang lampiran roda di dalam gambar kerja sudah mengikut detail yang terakhir (Gambar 6)

DISKUSI

Di dalam file kerja, file lampiran akan diperlakukan seperti block. Bedanya adalah block hanya bisa digunakan di dalam file kerja dimana block tersebut berada, sementara file lampiran berada di luar file kerja dan bisa digunakan oleh semua file lain yang menggunakan feature Attach Drawing. Informasi mengenai block yang berasal dari lampiran bisa dilihat di IntelliCAD Explorer > Blocks. Pada thumbnail Wheel, klik kanan > Properties untuk memunculkan jendela block dimana kita bisa melihat nama file dan folder di mana file lampiran tersebut berada. Lihat Gambar 7 di bawah.

//limovpower.com/image/tutorial/attach_drawing/IntelliCAD_Explorer_2

Gambar 7. Jendela informasi file lampiran Wheel.dwg di dalam IntelliCAD Explorer

Feature Attach Drawing sangat bermanfaat karena ia memudahkan 2 atau lebih designer untuk berkoordinasi mengerjakan gambar assembly secara bersamaan di dalam Local Area Network. Misalkan Designer 1 mengerjakan file kerja gambar assembly mobil Porsche 911 dan menggunakan Attach Drawing untuk berbagai komponen mobil tersebut. Designer 2 mengerjakan file lampiran untuk roda, Designer 3 mengerjakan pintu, Designer 4 mengerjakan lampu, dan seterusnya.

Kelebihan dari Attach Drawing adalah ukuran filenya yang kecil. Karena file lampiran adalah external reference, maka ukuran file kerja tetap kecil karena jumlah kB dari file lampiran tidak berada di dalam file kerja.

Kelebihan lain adalah pada saat melakukan update. Jika ada 1000 gambar kerja mobil Porsche 911 yang semuanya melampirkan file roda, saat file roda diubah maka otomatis seluruh gambar kerja juga ikut berubah mengikuti update terakhir. Jika menggunakan block biasa, kita harus meng-update satu-persatu gambar kerja.

Selamat mencoba.


Profil Penulis: Penulis adalah engineer di LIMOV