Operasi Boolean dan Solid History

Kalau anda mengikuti tutorial sebelumnya, anda sudah mencoba extrude, sweep, dan revolve. Setiap hasil operasi 3D akan jadi objek terpisah. Karena itu kita menggabungkan cangkir dan gagangnya dengan union. Union akan menggabungkan dua objek 3D solid atau lebih menjadi satu objek saja. Operasi ini disebut dengan boolean operation.

boolean

Ada tiga operasi boolean yang dapat anda lakukan di AutoCAD: Union, subtract, dan intersect. Seharusnya dari iconnya sudah cukup menjelaskan fungsinya.

Coba perhatikan dua hasil extrusion berikut. Keduanya adalah objek terpisah.

objects

Operasi union akan menggabungkan keduanya menjadi satu objek. Meski tampak sama saja, jika anda coba memilihnya, akan tampak keduanya sekarang sudah digabungkan.

union

Subtract akan mengurangi volume objek pertama dengan objek kedua.

subtract

Sementara intersect hanya akan menyisakan bagian dari kedua objek yang berpotongan.

intersect

Masih ingat pelajaran SD: gabungan, potongan, dan irisan? Ini adalah salah satu prakteknya :)

Solid History

“Apakah hasil operasi boolean dapat diedit objek aslinya? Misalnya ukuran objek yang kedua harus diperbesar”

Jika anda masih menggunakan AutoCAD 2006 atau lebih tua, jawabnya tidak. Anda harus menggambar ulang objek aslinya dan mengulangi operasi boolean. Merepotkan jika objeknya termasuk lumayan kompleks!

Bagi yang menggunakan AutoCAD 2007 atau lebih baru, jawabnya bisa. ACAD2007 memiliki parameter yang disebut sebagai solid history. Bagaimana objek anda dibuat, masih ada historynya.

Cobalah buat dua rectangle dan extrude seperti gambar di atas. Lakukan subtract.

Sekarang ternyata kotak yang kedua tingginya kurang. Kita harus mengedit hasil boolean ini.

Tahan [ctrl] dan dekatkan pointer anda ke objek anda. Menahan [ctrl] akan mengaktifkan pemilihan ‘sub-object’. Perhatikan objek yang dihighlight adalah objek pembentuk, bukan hasil subtraction! Sambil tetap menahan [ctrl] carilah kotak kedua. Tekan [spasi] untuk cycle antar objek jika perlu. Klik kiri untuk memilihnya. Sekarang anda dapat melihat grip yang dapat digunakan untuk mengubah ukuran objek.

solid history

Umumnya, jika anda sudah menguasai AutoCAD 2D… tidak banyak lagi konsep yang anda butuhkan untuk membuat model 3D. Tapi kita akan coba bahas lebih lanjut sambil membuat latihan di tutorial berikutnya.

  • Ia saya pernah belajr Autocad 3D waktu semester 5