Mengoptimalkan SHIFT di AutoCAD

shift

AutoCAD memiliki ratusan tools. Jumlah yang sangat banyak. Terkadang kita terlewat bahwa tool tersebut ada. Kali ini saya akan mencoba membahas beberapa variasi fungsi yang dapat dilakukan dengan menekan [SHIFT]. Dapat sangat membantu untuk mengoptimalkan kerja kita di AutoCAD. Terlepas apakah anda akan menggunakannya atau tidak, cukup menarik untuk mengetahuinya.

1. [SHIFT] + klik kanan

Variasi [shift] dan klik kanan mouse akan menampilkan context menu yang berisikan override untuk snap. Fungsi ini pernah dibahas terpisah sebelumnya.

2. hold [SHIFT]

Menahan [shift] pada saat anda menggambar, akan mengaktifkan mode ’ortho’ untuk sementara. Efeknya sama dengan anda menekan [f8], tapi ini hanya untuk sementara. Cukup berguna jika anda sesekali butuh menggambar garis vertikal/horizontal, namun tidak ingin menggunakan mode ortho atau object snap tracking.

3. hold [SHIFT] + klik kiri

Pada saat anda memilih banyak objek, kadang-kadang lebih efektif jika anda memilih dengan cross polygon. Kemudian baru mengeluarkan objek tersebut dari selection. Anda dapat menahan [shift] dan mengklik objek-objek yang ingin anda keluarkan dari selection.

deselect

Catatan: anda dapat juga melakukan ini dengan mengetik R (remove) saat melakukan selection. Setiap kali anda mengklik, objek akan dikeluarkan dari selection. Dan mengetikkan A (add) akan kembali ke mode add selection.

4. [Shift] di Chamfer dan Fillet

Apa yang terjadi jika anda menggunakan chamfer/fillet dengan distance/radius 0? Cara ini sering dipakai sebagai cara cepat untuk menghubungkan dua garis. Anda sering menggunakannya? Berapapun radius (pada fillet) atau distance (pada chamfer), jika anda menahan [shift] maka chamfer dan fillet akan diberi jarak nol.

5. [Shift] di Trim dan Extend

Pada saat anda melakukan trim dengan acuan objek tertentu, anda mungkin ingin segera melakukan extend dengan acuan objek yang sama. Pada saat trim aktif, menahan [shift] akan mengaktifkan extend untuk sementara. Demikian pula saat extend, menahan [shift] akan mengaktifkan trim untuk sementara.

6. hold [SHIFT] + [SPACE]

Jaman saya pertama kali belajar AutoCAD, untuk memilih objek yang saling bertumpuk, kita harus menahan [ctrl] dan mengklik objek-objek itu untuk ’cycle’ diantara mereka. Entah sejak kapan, fungsi ini sekarang berganti menjadi menahan [shift] dan menekan [space] sampai kita menemukan objek yang diinginkan.

loop

Apakah ada fungsi lain dari [shift] yang anda gunakan? Jika ada, silahkan di share di sini :)

Ilustrasi: http://www.sxc.hu/

  • edi

    wah….hal-hal kecil yg tak pernah diperhatikan ternyata manfaatnya besar sekali….biasanya bila qta dah mendapatkan fungsi dr suatu tombol (lebih dr 1, qta mengaggap dah maximal eh… ternyata masih banyak fungsi lain.
    terima kasih tentangcad.com (p’ edo)

  • hernawan

    terima kasih ilmu shift nya pak…bermanfaat sekali.

  • rizkicp

    ada lagi.
    SHIFT + roda tengah mouse didrag, buat orbit.
    fitur yang sangat ane tidak suka klo lagi gambar 2D.
    udah gambar 2D banyak banget trus gak sengaja mencet SHIFT + drag roda tengah mouse. komputer ane jadi berat banget.

  • Pither Rukka

    Pak Edo,
    Apakah tampilan Context Menu untuk klik kanan ataupun shift/ctrl + klik kanan bisa dicustomize sesuai kebutuhan kita. Bagaimana caranya ?

    Terimakasi.

    • Edo

      Bisa saja. Caranya ya melalui CUI.
      Misalnya yang ini: http://tentangcad.com/2007/11/membuat-command-baru-dengan-cui/
      Untuk klik kanan, akan saya coba bahas lagi deh…

      • Pither Rukka

        Thanks Infonya Pak Edo,
        Saya baru saja sukses membuat customizenya.

        • Edo

          Kalau masih minat bikin untuk klik kanan, saya baru saja membuat tutorialnya :)

          • Pither Rukka

            Tentu saya sangat berminat, karena pasti masih banyak yang belum saya ketahui….terimakasih.

  • idris

    wah sy baru tau nih, lumayan tambah ilmu.. thanks..

  • marshal taufik

    Mas, saya mau nanya.
    Sebelumnya. jika saya klik objek banyak satu persatu tidak butuh untuk menekan shift, dan objek sebelumnya masih tetap selected.
    Sepertinya ada setingan di autocad saya berubah tanpa disengaja. barangkali salah pencet fungsi tool.
    Sesudahnya. jika saya klik objek banyak satu persatu, saya harus pencet shift dulu, supaya objek sebelumnya tetap selected.
    Pertanyaannya : Bagaimana cara mengembalikan perubahan setingan ini

    Mohon pencerahannya Mas
    Terimakasih sebelumnya.