Menggunakan User Coordinate System

cup-final

Anda sudah diperkenalkan konsep bahwa menggambar 3D di AutoCAD tetap terbatas pada sumbu X dan Y. Jika kita ingin menggambar kalau tidak sebidang dengan sumbu X dan sumbu Y, Kita harus mendefenisikan sendiri bidang kita dengan mengubah orientasi sumbu X dan Y. Ini dikenal dengan UCS atau User Coordinate System. Kita akan mengaplikasikannya pada latihan membuat cangkir.

UCS adalah inti dari 3D modeling. Karena itu anda harus menguasainya dengan baik.

Cobalah buat sebuah rectangle dengan ukuran 50x50mm. Extrude dengan ukuran 5mm. Ini seharusnya mudah, karena anda sudah melakukannya juga sebelumnya. Seperti yang telah disebutkan, kita hanya bisa menggambar pada sumbu X dan Y. Kecuali kita snap ke titik lain. Tapi ini lain perkara.

Sekarang kita ingin membuat satu objek cangkir, dan rectangle tadi sebagai tatakan gelas. Cangkir dapat kita gambar dengan membuat gambar profil tertutup, lalu memutarnya pada sumbu tertentu. Tool ini disebut sebagai revolve.

Ketik UCS [enter] untuk mengaktifkannya. UCS memiliki beberapa pilihan untuk mengubahnya. Kali ini kita akan mendefenisikannya untuk metode default: 3 point.

Pilih berturut-turut titik origin, arah sumbu X, dan arah sumbu Y.

ucs

Klik top pada viewcube sampai anda dapat melihat seperti ini. front view

Sekarang kita akan mengubah option sedikit. Aktifkan melalui menu tools>option. Atau dapat juga mengetikkan OP [enter]. Pada tab drafting, aktifkan replace Z value with current elevation.

snap-z-option

Jika tidak mengaktifkan ini, seringkali gambar kita nilai Z-nya nempel ke mana-mana. Sulit dikontrol. Kali ini kita hanya menggambar pada satu bidang, akan lebih mudah jika kita mengaktifkan option ini.

Gambarlah profil cangkir seperti ini. Ukuran persisnya tidak penting. Ingat aturan kedua: harus geometri tertutup. Gunakan polyline dan pastikan tertutup.

profile

Sekarang kita aktifkan revolve.

revolve

Pilihlah profil itu untuk perputaran. [enter] setelah terpilih. Klik dua kali untuk membentuk garis sumbu imajiner. Garis yang akan menjadi sumbu putar.

axis

Berikutnya sudut putar. Secara default perputaran akan dilakukan 360 derajat. Ganti jika nilainya berbeda. Tekan [enter] Aktifkan visual style, dan pilih conceptual.

cup

Kembalikan view anda ke view sebelumnya. Buatlah gambar path seperti ini. Buatlah dalam satu polyline. Jangan dua arc!profile2

Sekarang kita akan coba membuat ‘profile’ dari gagang cangkir ini. Putar view anda sampai anda dapat melihat seperti ini.

*Tips: Anda dapat menggunakan ‘orbit’ dengan menahan [shift] dan klik tengah pada mouse.

Sekarang kita akan memindahkan UCS pada ujung profile ini. Ketik UCS, klik bagian ujung atas dari path. Tidak perlu mendefenisikan arah sumbu X dan Y, langsung [enter] untuk accept. Jangan lupa perhatikan command line!

ucs2

Sekarang kita lihat bahwa UCS sudah pindah ke ujung profile. Yang masih jadi masalah kita masih harus memutar arah sumbu X. Kita akan membuat profile tegak lurus dengan path.

Ketik UCS. Kita akan memutarnya dengan acuan sumbu Y. Arahkan jempol kanan anda ke atas (sejajar sumbu Y di atas) dan kepalkan tangan anda. Ke mana arah telunjuk anda memutar? Itu adalah arah putaran yang sama dengan sumbu UCS. Ketikkan 90 [enter].

Perhatikan bahwa UCS anda akan tampak seperti ini. Perhatikan arah sumbu X.

ucs3

Buatlah gambar ellipse pada origin tersebut. Putar view anda jika perlu.

profile3

Sekarang aktifkan sweep.

sweep

Pilihlah elips sebagai profil, [enter]. Pilihlah polyline sebagai path [enter].

sweepresult

Di masa lalu, untuk membuat sweep kita harus menggunakan extrude dengan path. Cobalah aktifkan extrude dan lihat bahwa pilihan itu masih ada. Tapi lupakanlah untuk menggunakannya. Gunakan sweep saja, jauh lebih bisa diandalkan dan lebih mudah.

So far so easy? Sekarang objek ini masih terdiri atas tiga objek. Kita akan menggabungkan cangkir dan gagangnya agar jadi satu kesatuan.

Aktifkan union, dan pilih cangkir dan gagangnya lalu [enter]

union

Kalau ingat pelajaran di SD: gabungan, irisan, dst itu ya sama seperti ini. Union akan menggabungkan objek.

Sedikit finishing touch: aktifkan fillet dan fillet keempat sisi tatakan cangkir. Fillet ini bisa diaplikasikan untuk 3D juga.

Tidak sulit bukan? 3D tidak sulit, hanya butuh kesabaran saja ;)