Mengenal Dasar Autocad Civil 3D

Autocad Civil 3D merupakan perangkat terbaru untuk memberikan suatu solusi yang inovatif, menjadi proses perancangan civil engineering dan site development jauh lebih mudah dan lebih cepat. Sehingga dapat memberikan waktu yang lebih banyak untuk mencari solusi dan mempersingkat waktu proyek secara keseluruhan. Biasanya mereka yang menggunakan Civil 3D bagi mereka yang bekerja di pertambangan, pemipaan, dan lain-lain.

Sebelum mempelajari acutocad civil 3D, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu perintah-perintah atau bagian-bagian dari civil 3D.

Toolspace

Toolspace adalah menu pulldown dibagian atas toolbar yang berfungsi sebagai Master Command dan pusat pengaturan gambar.

toolspace

Tab Prospector

Berfungsi menampilakan berbagai jenis data yang digunakan civil 3D. saat pada bagian tertentu dari gambar atau model dibuat, submenu akan bertambah dibawah folder jenis data yang umum, dan semua data akan diurutkan berdasarkan nama.

Menu dropdown pada bagian atas Tab Prospector menampilkan dua hal, yaitu Active Drawing View dan Master View. Active Drawing View menampilkan gambar yang sedang terbuka sedangkan Master View menampilkan semua gambar yang terbuka dan nama gambar yang sedang aktifmakan tercetak tebal.

tab prospektor

Tab Setting

Menampilkan dan mengatur berbagai style yang telah tersedia untuk masing-masing item data. Pada Tab Setting juga memungkinkan untuk mengatur default gambar, label gambar dan setting fitur.

tab setting

Style

Jumlah Style dalam Civil 3D dapat terlihat banyak sekali, dalam waktu beberapa jam, kreasi, tampilan dan model untuk style dapat distandarkan, jadi paling tidak satu kali style diatur dengan interface. Style Object berisi tab information, Display dan Summary. Tab information memberikan nama style dan description. Tab display mengatur warna dan layer masing-masing object. Pada Tab Summary untuk melihat secara garis besar keseluruhan pengaturan syle. Style Label berisi tab information, General, Layout, Dragged State dan Tab Summary. Mengatur bentuk dan sifat label yang terkait dengan fitur. Tab General berisi pengaturan dasar untuk semua label, Tab layout berisi parameter pendefinisian label khusus. Tab Dragged State mendefinisikan bagaimana label berubah saat dipindah dari lokasi awalnya.

style

Toolbar

Sejumlah fitur dalam Civil 3D menggunakan Toolbar khusus untuk membuat object atau model misalnya Points, Parcels, Grading, Alignment, Profiles, dan Sections.

toolbar

Menu klik kanan

Seperti dalam Autocad, menu klik kanan juga dapat membantu dalam pekerjaan menggunakan Civil 3D.

——————

Profil Penulis:

Kiki Harianto biasa dipanggil Kiki, mengenal CAD sejak tahun 2000 tepatnya pada saat saya sekolah di STM Bangunan. dan lebih mendalami CAD saat mulai kuliah di Jurusan Arsitektur Universitas Swasta yang ada di jakarta. Tepat pada semester 5, kira2 pertengahan tahun 2006 saya mulai bekerja di sebuah perusahaan Kontraktor Telekomunikasi, selama 6 bulan saya bekerja di perusahaan tersebut sebagai Drafter. dan pada akhir tahun 2006 saya pindah kerja ke perusahaan Konsultan Geotechnical Engineering sebagai Draftmen dan disinilah saya mulai mendalami CAD Civil 3D dan Land Desktop Development, Sampai saat ini.