Fitur Rib

rib result

Fitur Rib adalah sebuah sirip tipis yang menempel pada permukaan pejal. Pada umumnya rib digunakan untuk memperkuat atau mencegah lengkungan pada design kita. Fitur Rib memerlukan 3 hal: Sketch, arah rib dan ketebalan rib. Sketch untuk rib harus mempunyai 3 syarat: kurva terbuka tunggal (bukan kurva tertutup), sketch tidak saling memotong & tidak bersebelahan, ujung sketch menempel pada permukaan “parent feature” & membentuk daerah tertutup.

Fitur Rib ini dapat di akses dengan 2 cara: klik ikon Rib di features toolbar rib icon atau pilih Insert > Rib di pull-down menu. Dalam memilih Sketch yang akan dibuat rib, kita dapat memilih sketch yang telah kita buat sebelumnya lalu masuk ke tool Rib atau sebaliknya, kita masuk ke tool Rib dahulu baru membuat/memilih sketch.

Ada 2 tipe fitur Rib: Straight dan Rotational. Di dalam tutorial ini kita akan coba pelajari fitur Rib type straight.

1. Buat Sketch seperti di bawah ini, langkah secara terinci untuk membuat sketch dapat di lihat di tutorial yang lain di blog saya,

sketch

2. Dengan Extrude tool, kita buat part seperti ini:

extrude

3. Setelah itu kita buat Sketch yang akan kita buat fitur Rib. Yang perlu kita perhatikan adalah ujung sketch menempel pada permukaan “parent feature” dan sketch kurva terbuka yang akan membentuk daerah tertutup dengan permukaan di depannya.

ribsketch

4. Lalu kita klik ikon tool Rib, akan muncul kotak dialog di bawah, terdiri dari Thickness Box untuk menetukan ketebalan dinding rib dan satu lagi tombol untuk menetukan arah dinding rib, jika tombol di tekan secara berurutan maka arah dinding rib akan berpindah dari satu sisi ke sisi yang lain lalu simetris dengan sketch rib.

ribsetting

5. Di Slide-up panel terdapat 2 tab yaitu References dan Properties. Di tab References terdapat pilihan Sketch Collector : berisi Valid sketch yang kita pilih untuk fitur rib ini, lalu Unlink dan Flip. Flip ini untuk mengganti arah material dari rib yang akan kita buat ke sisi yang berlawanan.

ribreferences

6. Di tab Properties, berisi nama fitur rib, nama fitur rib ini dapat diganti dengan cara mengedit nama dalam kotak tersebut. Tombol info berisi informasi tentang fitur rib ini.

ribinfo

7. Seandainya kita memilih untuk masuk ke tool Rib baru kemudian membuat Sketch nya, kita bisa klik ikon tool Rib, lalu klik tab References > Define, lali buat sketch seperti biasanya.

refdefine

8. Hasil untuk Straight Rib adalah sebagai berikut

rib result

9. Selesai.

Silakan mengajukan saran, kritik dan pertanyaan untuk perbaikan tutorial ini di kolom komentar.

—-

Profil Penulis:

Agus Fikri Rosjadi, mempunyai pengalaman kerja sebagai teknisi dan drafter di berbagai perusahaan international di Cikarang, Batam dan Semarang.

Aktif menulis tutorial tentang mechanical computer aided design di blog nya http://agus-fikri.blogspot.com







  • As

    mmm

    hampir mirip2 dengan catia ya :)

  • udaaf

    Tangan gua gatel pengel nginstal Pro E lagi :D.

  • agus fikri

    memang benar, Pak. Karena kedua software tersebut bermain di kelas yang sama :high-end 3D hybrid system” bersama dengan NX. sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Computer-aided_design

  • reo

    Punya alamat website tentang pro E, Autocad yang lain gak? Ni forum sepi banget…..