Menggunakan Express Tools: Text

Melanjutkan express tools dari bagian sebelumnya. Di bagian ini kita akan membahas kelompok tools untuk text.

Remote Text

Command line: RTEXT

Command: rtext

Current settings: Style=Standard Height=0.2000 Rotation=0
Enter an option [Style/Height/Rotation/File/Diesel] <File>: d

Specify start point of RText:
Current values: Style=Standard Height=0.2000 Rotation=0
Enter an option [Style/Height/Rotation/Edit]:

Jujur saja, saya tidak terlalu yakin kenapa fitur ini ada. Fitur ini memungkinkan anda dapat mengambil remote text dari external file atau dari Diesel Expression. External file dapat anda ambil dari file txt (hanya txt) dan dapat anda letakkan pada drawing. Menurut saya, hal ini dapat dengan mudah juga dilakukan dengan menggunakan copy to clipboard, lalu paste di mtext. Tapi mungkin anda termasuk yang lebih menyukai cara ini. Setidaknya, dengan cara ini ada pihak lain yang dapat mengedit text tanpa harus punya AutoCAD.

Anda dapat juga menggunakan diesel expression untuk RTEXT. Misalnya anda ingin menampilkan diesel expression yang menunjukkan nama file anda. Anda dapat mengetikkan ekspresi berikut pada dialog yang muncul.

Drawing file: $(getvar, “dwgname”)

Diesel expression tidak banyak dikuasai orang. Namun jika anda mahir menggunakannya, mungkin akan menyukainya. Namun menggunakan text field akan jauh lebih mudah bagi mayoritas pengguna AutoCAD.

*notes: Untuk mengedit RTEXT anda dapat menggunakan command RTEDIT.


Text Fit

Command line: TEXTFIT

Text fit digunakan jika anda ingin mengubah rasio width factor dari sebuah single line text. Tidak berlaku untuk multiline text. Anda dapat mengaktifkan tool ini dan mengklik lebar text yang baru.

Text Mask dan Unmask Text

Command line: TEXTMASK dan TEXTUNMASK

Text mask digunakan untuk memberikan mask di sekeliling text. Tujuannya agar text anda lebih jelas dibaca. Anda dapat menghighlight text dengan wipeout, solid, atau 3dface. Gunakan 3dface hanya jika plotter anda tidak mensupport raster plotting.

Command:
TEXTMASK
Current settings: Offset factor = 1.0000, Mask type = Wipeout
Select text objects to mask or [Masktype/Offset]: M

Mask type currently set to Wipeout
Specify entity type to use for mask [Wipeout/3dface/Solid] <Wipeout>:

Pada contoh berikut, yang pertama adalah text tanpa masking. Selanjutnya text dengan masking solid, dan paling bawah masking dengan wipeout.

mask.jpg

Untuk menghilangkan masking, anda dapat menggunakan tool TEXTUNMASK.

Explode Text

Command line: TXTEXP

Yang satu ini cukup berguna. Anda dapat mengexplode text agar menjadi beberapa bentuk sederhana seperti lines, arc, dan sebagainya. Setelah diexplode anda dapat mengeditnya seperti objek AutoCAD lainnya. Salah satu tujuannya adalah, agar text dapat diextrude.

Convert Text to Mtext

Command line: TXT2MTXT

Rasanya cukup jelas. Jika anda memiliki beberapa baris single line text, anda dapat memilihnya untuk dikonversi menjadi satu multiline text saja.

Arc-Aligned Text

Command line: ARCTEXT

Tool ini digunakan untuk membuat text mengikuti bentuk lengkung. Anda harus membuat sebuah arch lebih dulu, baru mengaktifkan tool ini. Sebuah dialog box akan terbuka untuk mengontrol pembuatan text melengkung ini. Text yang anda isikan, akan dibuat melengkung.

arctext dialog.jpg

arched text.jpg

Justify Text

Command line: TJUST

Tool ini digunakan untuk mengubah justifikasi/alignment dari text yang anda buat. Misalkan dari left diubah ke right atau center. Posisi text tidak berubah setelah modifikasi. Namun jika anda edit textnya, anda akan melihat perbedaannya.

tjust.jpg

Rotate Text

Command line: TORIENT

Pada dasarnya, tool ini sama dengan anda merotate satu persatu text anda. Namun cukup membantu jika anda memiliki puluhan text yang miring, dan ingin diatur agar mudah terbaca. Ada dua pilihan, anda dapat menetapkan sudut absolut untuk semua text, atau membiarkan AutoCAD menentukan sudut optimal agar text dapat terbaca dari bawah dan dari kanan.

Enclose Text with Object

Command line: TCIRCLE

Tool ini digunakan untuk membuat objek berupa rectangle, circle, atau slot disekeliling text. Anda dapat mendefenisikan besar offset dari text agar jarak objek sesuai dengan ukuran text.

tcircle.jpg

Automatic Text Numbering

Command line: TCOUNT

Tool ini cukup berguna untuk mengubah beberapa text menjadi nomer yang berurutan. Mungkin butuh beberapa kali trial and error jika anda punya beberapa baris dan kolom. Cara paling mudah (tapi agak memakan waktu) adalah memilihnya satu-satu dan mengurutkannya berdasarkan selection.

tcount.jpg

Change Text Case

Command line: TCASE

Tool ini digunakan untuk mengubah text menjadi huruf besar semua, atau huruf kecil semua, huruf besar pada awal kalimat, dan sebagainya.

text case.jpg

  • Ada tutorial Civil 3D untuk pemetaan peta contour ga ya?? info ke elanglembah44@yahoo.com

  • dian firmansyah

    saya penguna autocad amateur, mau tanya giman cara edit text dan print page yang mau di cetak? trims

  • Syarief_h18

    pengen tanya bikin text untuk tampilan 3d gimana ya, soal’y dah bikin gambar rumah 3d, cuma tampilan text’y mash 2d. mohon solusinya. thanks