Menggunakan Express Tools: Selection, Draw, dan Web Tools

Di bagian ini, akan dibahas tiga kategori sekaligus untuk express tools. Yaitu selection tools, draw, dan web tools. Di tiga kategori ini, jumlah tool relatif sedikit, jadi kita bahas sekaligus di tulisan ini.

Selection Tools

Di bagian selection, anda dapat menggunakan tool lain untuk mempercepat pemilihan objek. Cukup membantu, meski AutoCAD sudah memiliki filter selection dan quick select.

Get Selection Set

Command Line: GETSEL

Tool satu ini dapat membantu anda memilih objek berdasarkan dua kategori dengan cepat. Yaitu berdasarkan layer dan tipe objek. Anda dapat memilih semua objek di layer tertentu dengan cepat. Atau memilih semua objek dengan tipe block, atau memilih semua lines di layer tertentu. Betul, hal ini juga dapat dilakukan oleh QSELECT, namun cara ini cukup cepat.

Command: getsel
Select an object on the Source layer <*>: klik layer yang ingin anda filter, atau tekan [ENTER] jika anda ingin memilih objek di semua layer.
Select an object of the Type you want <*>: klik objek yang ingin anda filter, atau tekan [ENTER] jika anda ingin memilih semua objek layer tersebut.
Collecting all INSERT objects in the drawing…
164 objects have been placed in the active selection set.

Saat saya mencobanya, saya melihat bahwa selection sudah dibuat, namun semua objek langsung di un-select. Jadi saat saya ingin melakukan move atau copy, saya harus mengetikkan P (digunakan untuk memilih selection sebelumnya – previous) untuk memanggil ulang selection set tersebut. Bug? Saya tidak tahu.

Fast Select

Command line: FS

Fast select digunakan untuk memilih semua objek yang bersinggungan dengan objek yang anda pilih. Ini adalah setting default. Di contoh ini saya memilih wire berbentuk arc, dan FS akan memilih anotasi dan block yang menunjukkan simbol lighting.

fsoff

Namun fast select juga dapat anda gunakan untuk memilih objek yang saling bersinggungan. Untuk itu anda harus mengubah parameter FSMODE menjadi ON terlebih dulu. Di contoh ini, saya memilih objek yang sama. Yang terpilih bisa dikatakan hampir semuanya, karena garis-garisnya saling berpotongan.

fson.jpg

Draw

Kelompok ini juga hanya memuat 2 tool untuk penggambaran.

Break line Symbol

Command line: BREAKLINE

Breakline akan membuat sebuah simbol breakline berupa polyline. Anda cukup mendefenisikan titik awal, akhir, dan posisi simbol break. Anda tentu dapat menggunakan block. Namun mungkin saja ini dapat berguna bagi anda.

breakline.jpg

Super Hatch

Command Line: SUPERHATCH

Saya rasa command ini akan segera menjadi bagian dari standard tools di AutoCAD. Tool ini dapat membuat hatch/pattern dari berbagai objek. Anda dapat membuat pattern sendiri dari block, image, xref, atau wipeout.

superhatch.jpg

Meski cukup membantu, bagi saya kurang mengesankan. Karena sebetulnya AutoCAD akan membuat sebuah group baru, bukan hatch sebenarnya. Hal ini membebani kinerja komputer dan ukuran file.

Web Tools

Anda menggunakan hyperlink pada objek-objek anda? Anda dapat menggunakan hyperlink sebagai informasi tambahan objek yang anda gambar. Misalnya lighting fixtures, dapat anda berikan link ke pabrikan dan spesifikasinya. Ini dapat anda lakukan dengan tool insert>hyperlink. Tujuannya, tentu saja agar yang membaca gambar dapat menemukan informasi tambahan yang dibutuhkan. Masalahnya, hyperlink tidak selalu mudah ditemukan. Tools ini mempermudahnya.

Show URLs

Command line: SHOWURLS

Show url akan membuka dialog box berisikan semua hyperlink yang ada di file anda. Pada dasarnya tools lainnya juga dapat melakukan semua yang ada di dialog box ini. Anda dapat melihat objek mana yang memiliki url yang ada di daftar, mengeditnya, atau mencari dan mengganti url.

Change URLs

Command line: CHURLS

Change url dapat dengan cepat mengganti url yang dimiliki objek. Cara lain yang dapat anda gunakan adalah menggantinya melalui properties pallete, yang tentu saja cukup memakan waktu.

Find and Replace URLs

Command line: REPURLS

Digunakan untuk find/replace url yang ada pada gambar. Rasanya sudah cukup menjelaskan fungsinya.

  • http://www.kharianto.co.cc kharianto

    terima kasih atas ilmunya

  • http://miftahalhasan@blogspot.com miftah

    thank a lot bro!

  • ISMAIL

    sya menggunakan autocad 2010, ketika saya dimlinear tampak hasilnya tex tidak sesuai dengan panjang, tetapi ketika saya menggunakan cad 2009i saya dapat menempelkan text, bagaimana solusinya. terima kasih

  • rony

    halo guys…..
    numpang nanya nih….

    aku pake autocad 3d 2009 msh baru sih jd masih adaptasi
    ad satu comand yang beda ma autocad sebelumnya… yaitu comand “find” nya tidak ada comand “zoom to”nya akhirnya aku jd ga bisa mencari dimana letak text atau bidang yang terkait dengan text tersebut….

    butuh bantuannya donk gimana caranya supaya besa mencari lokasi text atau bidang yang mw kita find ?? makasih sebelumnya yah…