Memindahkan License untuk Produk Autodesk

binary-code.jpg

Sebuah pertanyaan muncul di forum. Yang ditanyakan, apakah jika kita memiliki software AutoCAD original, dapat dipindahkan ke komputer lain? Bagaimana caranya?

Jawaban pendeknya: Bisa, dengan portable license utility.

Di sini kita akan coba bahas cara memindahkan license ini. Dan ini berlaku untuk semua produk Autodesk, tidak hanya AutoCAD.

plu

Autodesk menyediakan sebuah tool yang bernama portable license utility (PLU). Dapat ditemukan di start menu AutoCAD atau program Autodesk lainnya. Jika anda mengaktifkannya, anda akan melihat kotak dialog seperti ini.

plu dialog

Anda dapat melihat license apa yang aktif pada komputer anda. Dan dapat anda lihat ada dua button: import license dan export license.

Persiapan Pemindahan License

Sebelum anda memindahkan license, anda harus mempersiapkan komputer target lebih dulu. Install produk yang sama pada komputer baru. Ingat, produk yang sama. Jika anda ingin memindahkan AutoCAD LT 2007, harus menginstall AutoCAD LT 2007. Bukan AutoCAD 2008.

Setelah anda install, cobalah jalankan. Anda mungkin harus menggunakan versi trial 30 hari. Tidak apa-apa. Tujuannya untuk memastikan instalasi berjalan baik, dan performa PC baru sesuai harapan. Setelah OK, bukalah PLU.

Menambahkan Data Komputer

Komputer Target

Bukalah PLU. Pada PLU, aktifkan TAB computers. Perhatikan Identification code komputer itu. Catatlah. Catat juga computer name komputer tersebut.

Komputer Asal

Sekarang kita ke komputer asal, yang memiliki license. Aktifkan juga PLU. Klik tab computers, lalu klik add, tambahkan komputer tujuan anda.

Memindahkan License

Komputer Asal

Masih di PLU. Klik tab licenses. Jika anda memiliki lebih dari satu aplikasi Autodesk di komputer itu, pastikan anda memilih license aplikasi yang benar. Klik export license, pilihlah komputer target. Anda dapat mengexport dengan file atau dengan kode. Pilih salah satu. Jika anda menggunakan file, simpan file license itu di USB atau share folder di network.

Komputer Target

Sekarang anda siap mengimport license tersebut. Di PLU, klik import license, dan pilih file license atau ketikkan transfer code dari komputer tujuan.

Sedikit Catatan

Proses Transfer Gagal

Hal ini dapat terjadi karena beberapa hal yang tidak diketahui. Biasanya kalau anda punya banyak produk terinstall atau sudah dilakukan berulang-ulang. Jika hal ini terjadi, coba ulangi dengan metode lain (file atau code). Jika masih gagal, satu-satunya cara adalah meregistrasi dan mengaktivasi ulang software anda. Silahkan baca help file atau hubungi reseller tempat anda membeli software itu untuk bantuan selanjutnya.

Grace Period

Setelah diexport, license di komputer tujuan tidak segera hilang. Namun ada ‘grace period’ atau waktu bonus selama 24 jam sebelum mati total. Namun jangan coba-coba menggunakan export-import setiap hari untuk memperoleh license tambahan. Betul anda bisa memperoleh license 2x lipat, tapi resiko gagal saat export-import ini cukup besar. Nantinya justru akan merepotkan.

  • Yusthi Rahman

    Ingin menanyakan, apakah ada batasan untuk proses transfer license ini? kemungkinan untuk engineer yang sering dilapangan pasti juga butuh praktis, ga mungkin tiap hari software tertanam di CPU kantor terus.. terkadang control project diluar kota bisa berhari hari, lebih praktis license bisa dipindah ke laptop.. jika ini dilakukan berulang2 apakah ada batasannya…? terima kasih..

    • http://www.cad-notes.com/ Edwin Prakoso

      Tidak ada batasnya, selama licensenya valid.

      • Yusthi Rahman

        Satu lagi nih pak hee.. jika kita pake produk suite seperti product design suite (banyak sekali software include seperti AutoCad Mechanical, inventor, Naviswork dll..)
        misalkan hanya beberapa software yang saya pindahkan lisensinya ke beda komputer apakah bisa? jadi seperti AutoCAD Mechanical lisensinya di komputer Staff A, Inventor di komputer staff B dan seterusnya.. apakah bisa lisensinya dipecah2 seperti itu.. ? karena arus kerjanyapun juga terpecah2, ada staff khusus drafter, ada staff khusus publishing, jadi kalo staff drafter sy kasih versi suite semua, software lainnya tidak akan terpakai padahal klo beli Inventor yg single stand alone juga mahal, sayang… terima kasih sebelumnya pak